MotoGP

Valentino Rossi, Tak Kunjung Pensiun dari MotoGP dan Tentang Buffon

Selasa, 16 Juli 2019 10:10 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Valentino Rossi saat di Sirkuit Losail, Qatar. Copyright: © INDOSPORT
Valentino Rossi saat di Sirkuit Losail, Qatar.

INDOSPORT.COM - Valentino Rossi sudah berusia 40 tahun namun tak kunjung pensiun dari MotoGP. Valentino Rossi layaknya Gianlugi Buffon yang punya kisah serupa. 

Valentino Rossi tak bisa dipungkiri adalah pembalap paling populer di MotoGP saat ini. Valentino Rossi yang sudah membalap sejak 1996, populer di beberapa generasi. 

Berbeda dengan Marc Marquez yang kepopulerannya baru dimulai di era sekarang. Namun kepopuleran Valentino Rossi kini tak berbanding lurus dengan performanya di atas lintasan. 

Yang terbaru, Valentino Rossi hanya finis di tempat ke-8 saat balapan MotoGP Jerman 2019. Tiga seri secara beruntun penampilan Valentino Rossi justru lebih buruk. 

Valentino Rossi gagal finis di MotoGP Italia, MotoGP Catalunya, dan MotoGP Belanda. Meski begitu, Valentino Rossi belum menunjukkan tanda-tanda akan pensiun.

Penampilan Musim 2019 

Valentino Rossi memulai musim 2019 dengan cukup baik. Pada seri pertama, MotoGP Qatar, Valentino Rossi mampu finis di posisi ke-5 di belakang Alex Rins. 

Kemudian di MotoGP Argentina dan MotoGP Amerika, Valentino Rossi berhasil meraih podium ke-2 dan seolah membuktikan bahwa dirinya memang belum habis. 

Akan tetapi 6 seri MotoGP berikutnya mulai dari MotoGP Spanyol hingga MotoGP Jerman, Valentino Rossi kembali menurun performanya. 

Valentino Rossi pun saat ini berada di posisi ke-6 klasemen pembalap dengan poin 80, atau tertinggal 105 poin dari Marc Marquez di puncak klasemen. 

Gianluigi Buffon 

Valentino Rossi yang sudah berumur 40 tahun sejatinya mengakui dirinya sudah tua sebagai pembalap MotoGP, namun ia belum kunjung memutuskan untuk pensiun. 

"Memang benar bahwa saya sudah tua, tetapi masalahnya adalah bahwa tahun lalu saya juga sudah tua. Lima tahun yang lalu saya sudah tua," ujar Valentino Rossi dilansir dari Autosport

Meski begitu, Valentino Rossi mengaku usia bukan menjadi masalahnya saat ini. Faktor motor juga disebutnya sebagai salah satu kendala dalam performa balapnya. 

Valentino Rossi juga sempat mendapat komplain soal atlet yang tak kunjung pensiun meski usianya sudah tak muda lagi. Tetapi Valentino Rossi menjawab kritikan itu dan mencontohkan soal Gianluigi Buffon

"Buffon jelas harus terus bermain, jika memang masih menginginkannya," kata Rossi kepada La Gazetta dello Sports

Antara Valentino Rossi dan Gianluigi Buffon memang ada kesamaan. Sama-sama berasal dari Italia, dan juga belum pensiun meski sudah berusia kepala 4. 

Di lain waktu, Gianluigi Buffon juga pernah menganalogikan soal Valentino Rossi. 

"Ada hubungan yang mendalam antara saya dan gawang. Setiap gol yang bersarang bagaikan tamparan, tidak hanya bagi saya, tapi juga bagi gawang yang saya jaga," ujarnya dilansir dari Insella.it

"Itu seperti hubungan antara Valentino Rossi dan motornya, Anda lihat bagaimana dia mencintainya?" ungkap Buffon.

Kecintaan Valentino Rossi dan Gianluigi Buffon kepada olahraga yang mereka tekuni selama 20 tahun lebih, tentu menjadi salah satu alasan mereka tak kunjung pensiun. 

Walau pada akhirnya baik Valentino Rossi dan Gianluigi Buffon performanya telah menurun dan sulit untuk bersaing mengejar prestasi. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%