Formula 1

Tak Mau Kalah dengan Indonesia, Vietnam Juga Akan Jadi Tuan Rumah F1?

Kamis, 25 Juli 2019 20:00 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Arum Kusuma Dewi
© ESPN
Vietnam kini akan menjadi saingan Indonesia dalam rangka penyelenggaraan F1 Copyright: © ESPN
Vietnam kini akan menjadi saingan Indonesia dalam rangka penyelenggaraan F1

INDOSPORT.COM - Indonesia masih terus gencar ingin menjadi tuan rumah ajang perlombaan balapan F1. Namun rupanya tetangga di wilayah Asia Tenggara juga tak mau kalah.

Salah satu negara anggota Asia Tenggara, Vietnam juga tak mau kalah. Mereka pun berencana ikut serta dalam kompetisi menjadi tuan rumah ajang balapan mobil tercepat di dunia itu. Vietnam bahkan sudah merencanakan pembangunan yang akan dimulai tahun ini.

Hal ini telah disampaikan direktur pelaksana motorsport F1, Ross Brawn. Brawn beranggapan pembangunan lintasan balapan di Vietnam bisa menjadi konsep yang bagus di masa depan.

"Vietnam akan membuat sirkuit balap pertama yang sangat bagus untuk balapan. Kita lihat saja ke depannya," ujar Brawn dilansir laman berita Motorsport.

"Tidak ada hal yang sempurna dan kami yakin pembangunan sirkuit ini akan memakan waktu lama hingga menjadi yang kami inginkan. Kami akan mulai belajar dari Vietnam dan melanjutkan ke tempat lainnya," pungkasnya.

Pembangunan sirkuit balap baru yang terletak di bagian Kota Hanoi ini diharapkan bisa segera rampung dan menjadi debut perdana diselenggarakan balapan F1. Sebelumnya Vietnam sempat mengusulkan sebagai tuan rumah balap F1 bertajuk Vietnamese Grand Prix pada tahun 2020 mendatang.

Indonesia sendiri juga sempat menyatakan ketertarikannya dengan ajang balap mobil bergengsi di dunia ini. Wacana tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi. Dirinya cukup yakin sirkuit di Indonesia cukup layak untuk balapan F1.

Sirkuit Mandalika yang terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB) digadang-gadang bisa menjadi tempat balapan bertaraf internasional. Sirkuit yang dibangun semenjak September 2019 ini tidak hanya mampu menjadi tempat balapan F1 melainkan juga MotoGP nantinya.