Selain MotoGP, Sirkuit Mandalika akan Gelar Balapan Bergengsi Lainnya

Kamis, 29 Agustus 2019 14:18 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Twitter/MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021. Copyright: © Twitter/MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021.

INDOSPORT.COM – Dirut PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer, mengatakan desain pembangunan Sirkuit Mandalika telah selesai untuk penyelenggaraan MotoGP 2021 dan kejuaraan Superbike World Championship (WSBK).

Saat ini proses pembangunan telah memasuki tahap land clearing dan pemagaran sekeliling area sirkuit. Dari pagar keliling sepanjang 6,25 km, telah terbangun 2,5 km atau sekitar 42 persen. Sementara itu, land clearing mencapai 98.000 meter persegi dari rencana 432.000 meter persegi.

Dilansir dari laman Antara, proses homologasi desain sirkuit Mandalika juga telah menyepakati Center Line desain sirkuit, artinya telah sepakat terkait titik-titik koordinat, panjang, dan lengkung lintasan satu dengan yang lainnya.

Kesepakatan itu disetujui ITDC bersama mitra kerja, yaitu Mrk1 Consulting dan Vinci Construction Grands Projects, investor Mandalika Street Circuit tengah menyiapkan dokumen homologasi yang akan diserahkan kepada Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) dalam waktu dekat.

Selanjutnya, dokumen homologasi yang telah disetujui FIM akan menjadi dasar penyusunan Detailed Engineering Design (DED) atau gambar kerja yang mencakup rencana teknis, arsitektur, struktur, mekanikal, elektrikal dan tata lingkungan sebelum memulai tahapan konstruksi pada Oktober 2019.

Menurut Abdulbar, inspeksi FIM atas sirkuit dilakukan selama proses homologasi desain, saat sirkuit selesai dibangun dan sebelum tanggal balapan. Uji coba sirkuit oleh riders akan ditentukan oleh Dorna, sesuai dengan availability riders sebelum tanggal balapan.

Ia mengatakan tanggal balapan MotoGP Mandalika untuk musim 2021 akan diumumkan pada Agustus 2020. ITDC menargetkan dapat melakukan uji kelayakan sirkuit pada akhir 2020.

Kepastian penyelenggaraan MotoGP di KEK Mandalika diperoleh setelah ITDC menandatangani Promoter's Agreement dengan Dorna pada 28 Januari di Madrid, di mana Mandalika ditunjuk untuk menjadi tuan rumah MotoGP selama 5 tahun mulai 2021 dan tuan rumah Superbike World Championship (WSBK).

Selain itu, Abdulbar M Mansoer juga menjelaskan bahwa Sirkuit Mandalika bisa menciptakan lapangan kerja secara besar-besaran bagi warga lokal dan bisa meningkatkan sektor pariwisata yang juga mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah pusat dan setempat.