Formula 1

Insiden Fatal Anthoine Hubert Buat Hati Legenda F1 Tak Tenang

Selasa, 3 September 2019 11:10 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Legenda Formula 1, Alain Prost, buka suara soal meninggalnya pembalap Formula 2, Anthoine Hubert, yang tewas usai terlibat dalam kecelakaan fatal di GP Belgia 2019, Sabtu (31/08/19).

Mendiang Hubert yang merupakan pembalap tim BWT Ardern mengalami kecelakaan pada lap kedua di tikungan Raidillon, yang juga melibatkan pembalap tim Sauber Junior, Juan Manuel Correa. 

Hubert menabrak penghalang dan kemudian ditabrak oleh Correa. Acara balapan pun dihentikan ketika marshal menghadiri tempat kejadian. Mobil Correa terbalik dan mobil Hubert hancur.

Insiden kecelakaan parah ini pun mendapatkan komentar dari Alain Prost yang juga merupakan direktur noneksekutif Renault. Ia juga dekat dengan Hubert yang merupakan pembalap akademi tim asal Prancis tersebut.

Prost menilai, insiden kecelakaan maut yang menimpa Anthoine Hubert di GP Belgia 2019 merupakan sinyal kompetisi balapan belum sepenuhnya aman. Pihak terkait harus segera membenahi banyak hal agar kejadian duka tersebut tak terulang kembali.

“Itu sangat menyedihkan dan sangat sulit bagi kami. Seperti yang Anda tahu, dia adalah anggota akademi kami, dan itu adalah hari yang berat bagi semua orang,” ujar Alain Prost, dilansir dari laman berita olahraga Motorsport.

“Ini mengingatkan saya pada kecelakaan puluhan tahun silam, kami selalu berpikir bahwa itu tidak bisa terjadi lagi. Kita tahu dunia balapan itu berbahaya, jadi kita perlu meningkatkan keamanan dan keselamatan olahraga ini,” tambah juara dunia F1 empat kali tersebut.

Anthoine Hubert telah berkembang dengan baik sejak bergabung di Akademi Renault penuh waktu pada musim ini. Pembalap rookie itu telah meyakinkan timnya untuk mempertahankannya hingga musim 2020, namun sayang takdir berkata lain.