Formula 1

Bocor! Ferrari Sempat Meminta Vettel Berikan Kemenangan pada Leclerc

Rabu, 25 September 2019 14:00 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Bos tim Scuderia Ferrari, Mattia Binotto mengatakan bahwa dirinya sempat meminta Sebastian Vettel untuk memberikan kemenangan kepada Charles Leclerc di GP Singapura 2019.

Binotto menjelaskan bahwa dirinya sempat mempertimbangkan Vettel untuk mengalah kepada Leclerc setelah keduanya melakukan pit stop di balapan yang berlangsung di sirkuit Marina Bay pada akhir pekan lalu.

Namun pertimbangannya tersebut tak jadi dilakukan setelah Vettel mampu mendapat keuntungan besar dari undercut pit dengan waktu sekitar 3,9 detik, di mana akhirnya tim memprioritaskan posisi Vettel ketimbang Leclerc.

“Kami selalu memprioritaskan mobil yang ada di depan, dan itu adalah aturan tim. Kami sempat tak akan menghentikan Leclerc karena ia sempat memimpin balapan, dan meminta Vettel mengalah padanya, tapi dia lebih unggul di pit stop” kata Binotto, dilansir dari laman GP Fans.

"Sebaliknya, Max Verstappen (Red Bull) siap untuk masuk pit stop, kami tahu itu, dan cara terbaik untuk melindungi posisi Vettel dengan melakukan undercut pit, dan kemudian menjadi waktu yang tepat dan sattu-satunya cara untuk menghentikan Leclerc untuk di posisi satu dan dua,” tambahnya.

Binotto juga sempat menyinggung bahwa Ferrari sempat memikirkan untuk melakukan pertukaran posisi antara Vettel dan Leclerc untuk menjadi pembalap utama tim berjuluk Kuda Jingkrak tersebut.

"Apakah kita mempertimbangkan pertukaran posisi? Ya, kita lakukan, tapi saya pikir lebih baik untuk tidak melakukannya. Kami masih mendiskusikannya dengan para pembalap apakah itu pilihan yang tepat atau tidak,” jelasnya.