Formula 1

Terkait Leclerc dan Vettel, Eks Pembalap F1 Bingung dengan Keputusan Ferrari

Senin, 30 September 2019 18:44 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mantan pembalap Formula 1, Jenson Button, mempertanyakan keputusan pihak Scuderia Ferrari terkait perjanian mereka dengan Charles Leclerc dan Sebastian Vettel sebelum perhelatan GP Rusia Minggu, 29 September 2019 yang lalu.

Di GP Rusia, Charles Leclerc berhasil menempati pole position setelah menjadi yang tercepat dalam babak kualifikasi. Sementara itu, rekan setimnya, Sebastian Vettel, hanya mampu menempati posisi tiga sebelum balapan mulai.

Pada saat itu, pihak Ferrari mengajukan perjanjian kepada dua pembalap mereka. Inti dari kesepakatan tersebut adalah Leclerc harus memberi ruang pada Vettel untuk menyalipnya. Hal itu bertujuan agar dia pembalap Ferrari tersebut sama-sama unggul atas tim Mercedes.

Namun, mereka juga punya perjanjian ke-2, yaitu setelah Vettel mengungguli Leclerc, ia harus memberi ruang kepada pembalap asal Monaco itu untuk kembali menyalipnya seperti pada posisi sebelumnya.

Di sinilah letak keanehan yang menjadi bahan pertanyaan eks pembalap Formula 1, Jenson Button, seperti dilansir dari laman portal berita olahraga Sportsmole. Ia mempertanyakan kenapa pihak Ferrari ingin Vettel memberi jalan pada Leclerc.

"Saya tidak habis pikir kenapa mereka punya kesepakatan seperti itu. Saya merasa, permintaan kepada Sebastian untuk memberikan posisi kepada Leclerc adalah hal yang sangat aneh," ujar Button.

"Pemikiran Ferrari terlalu rumit. Itu adalah perjanjian aneh untuk disepakati. Jika Vettel mampu menyalip atau disalip, ya biarkan saja. Tidak perlu harus mengalah. Yang penting, posisi tersebut sudah bisa membuat Ferrari unggul," pungkasnya.

Sayangnya, Vettel sendiri mengalami masalah di mesin mobil yang membuatnya harus keluar dari perhelatan GP Rusia. Hal ini membuat pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, mampu merebut posisi dan akhirnya memenangkan GP Rusia itu.

Saat ini, Lewis Hamilton masih memimpin klasemen sementara Formula 1 dengan 322 poin. Di posisi dua, ada rekan setimnya, Valtteri Bottas dengan 249 poin. Di posisi tiga, ada Charles Leclerc dengan 215 poin. Di posisi empat ada Max Verstappen dari Red Bull Racing dengan 212 poin. Di posisi lima ada Sebastian Vettel dengan 194 poin.