Formula 1

Tak Ingin Bangkitkan Tim Pabrikan, Honda Hanya Berniat Jadi Pemasok Mesin di Formula 1

Selasa, 8 Oktober 2019 19:55 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Motorsport
Mobil RB15 Red Bull Racing Honda Copyright: © Motorsport
Mobil RB15 Red Bull Racing Honda

INDOSPORT.COMHonda telah memperjelas komitmennya untuk tidak akan membangkitkan tim pabrikannya dan telah berniat untuk fokus menjadi pemasok mesin bagi tim Formula 1.

Pernyataan tersebut telah dikonfrimasi langsung oleh Direktur pelaksana Honda, Masashi Yamamoto yang menjelaskan bahwa fokusnya semata-mata hanya ingin menjadi pemasok mesin yang baik untuk Red Bull dan Toro Rosso.

Ia juga mengaku tak akan goyah untuk tetap tak membangkitkan tim pabrikannya sekalipun regulasi Formula 1 akan diubah pada musim 2021 nanti.

"Kami tahu bahwa kesinambungan di Formula 1 sangat penting. Jadi kami telah melakukannya selama lima tahun untuk memasok mesin dan entah bagaimana sekarang mencapai area yang baik," kata Yamamoto, menyadur dari laman Race Fans.

Selain itu, Yamamoto mengakui ada kerugian untuk tetap menjadi pemasok mesin saja, karena memberi mereka sedikit pendapat tentang arah olahraga di masa depan selain di sisi mesin.

"Tidak ada banyak keuntungan untuk menjadi pemasok di F1. Agak tidak menguntungkan menjadi pemasok dalam hal regulasi, tetapi kami bergabung dengan rapat pabrikan untuk unit daya sehingga kami dapat membahas tentang regulasi di sana,” tambahnya.

Sebagai informasi tambahan, di kejuaraan F1 nama Honda memang kalah mentereng dibanding pabrikan lain seperti Marcedes atau Ferrari yang telah menguasai balapan selama bertahun-tahun.

Honda sempat absen panjang diajang F1 sebelum mereka kembali memasok mesin untuk tim McLaren pada musim 2015-2017. Namun comeback mereka tak berjalan mulus karena mesin mereka kerap kali mengalami masalah, dan akhirnya memutuskan menggandeng Red Bull dan Toro Rosso.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%