Formula 1

F1 GP Jepang: Leclerc Mengaku Salah Telah Tabrak Verstappen

Senin, 14 Oktober 2019 15:17 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Sky Sports
Charles Leclerc mengalami insiden kurang menyenangkan di F1 GP Jepang yang melibatkan pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen. Copyright: © Sky Sports
Charles Leclerc mengalami insiden kurang menyenangkan di F1 GP Jepang yang melibatkan pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen.

INDOSPORT.COM - Pembalap Ferrari, Charles Leclerc, mengakui kesalahannya karena telah menabrak pembalap Red Bull, Max Verstappen, pada awal berlangsungnya Formula 1 GP Jepang, Minggu (13/10/19).

Leclerc memulai start yang buruk dari barisan depan dan  tergelincir ke tempat ketiga saat tikungan pertama. Malangnya, saat berusaha mempertahankan posisi, ia malah menabrak Max Verstappen ke luar lintasan.

Dengan kerusakan parah pada sayap depan, pembalap asal Monako itu harus kembali ke pit dan mengatur kembali mobilnya dan finis di posisi ke-6 di Sirkuit Suzuka.

Meskipun demikian, ia diberi penalti lima detik karena bertabrakan dengan Verstappen, dan tambahan 10 detik lagi karena mengendarai mobilnya dalam kondisi yang tidak aman. Ia akhirnya finis di posisi ke-7.

“Saya memiliki awal yang buruk, saat itu, Sebastian (Vettel) bergerak sedikit. Kemudian waktu reaksi saya sangat buruk dan mengenai Max. Jelas, saya melakukan kesalahan, ”jelas Charles Leclerc, dikutip dari laman berita olahraga Crash Net.

Menurutnya pada awal balapan, ia berada di belakang Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton. Memang pembalap seharusnya sudah belajar menghadapi masalah di lapangan, tapi Leclerc tak melakukannya dengan baik dan mengakui kesalahannya.

Max Verstappen sendiri mengkritik Leclerc yang membuatnya tidak bisa menyelesaikan balapan. Pembalap Red Bull itu harus berhenti setelah mengalami kerusakan fatal di lap 14.

"Saya suka balapan yang sulit, tapi saya tidak berpikir ini balapan sulit karena ini hanya ada pengemudi yang tidak bertanggung jawab saat kami berada di belokan ke-2," kata Verstappen.

Di Formula 1 GP Jepang sendiri, Valtteri Bottas menjadi yang tercepat, disusul pembalap Ferrari, Sebastian Vettel. Rekan setim Bottas di Mercedes, Lewis Hamilton, finis di urutan ke-3.