Formula 1

Fernando Alonso Akan Terjun di Reli Dakar 2020 Mendatang

Sabtu, 26 Oktober 2019 17:35 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Marco Canoniero/LightRocket via Getty Images
Pembalap Fernando Alonso mengaku akan mengikuti Reli Dakar 2020. Copyright: © Marco Canoniero/LightRocket via Getty Images
Pembalap Fernando Alonso mengaku akan mengikuti Reli Dakar 2020.

INDOSPORT.COM – Pembalap asal Spanyol Fernando Alonso telah mengonfirmasi bahwa ia akan turun dalam kompetisi Reli Dakar pada 5 hingga 17 Januari 2020 mendatang di Arab Saudi.

Bukan hal yang baru bagi Alonso turun dalam kompetisi itu. Pasalnya, ia tercatat pernah mengikuti Reli Dakar di Afrika Selatan dan Maroko sebagai persiapan bersama dengan mantan juara Reli Dakar Marc Coma yang berperan sebagai co-driver.

Nantinya, pembalap berusia 38 tahun itu akan bersaing menggunakan pick-up Toyota Hilux.

Dilansir melalui laman berita BBC, Alonso akan menjadi juara Formula 1 pertama yang berlomba di ajang ketahanan padang pasir yang diadakan di Arab Saudi untuk pertama kalinya.

Melalui sumber yang sama, Alonso menuturkan ia telah melakukan sejumlah mempersiapan dalam beberapa bulan terakhir guna tampil maksimal di ajang yang dimulai sejak tahun 1978.

“Tantangan terberat yang pernah ada dalam karier saya,” pungkas Alonso.

Sebagai informasi, Fernando Alonso diketahui meninggalkan F1 pada akhir 2018 untuk mengejar tantangan baru di ajang lain di motorsport.

Terutama, ia telah menetapkan keinginannya untuk dapat memenangkan balapan Indianapolis 500 sehingga ia menjadi orang kedua dalam sejarah yang berhasil memenangkan triple crown.

Faktanya, sudah ada dua jenis balapan yang telah ia menangkan, yakni juara Le Mans 24 Hours tahun 2018 dan 2019 dan Juara Formula 1 di tahun 2005 dan 2006.

“Setelah Formula 1, saya mulai menemukan beberapa hal baru di motorsport dan balapan paling ikonik.”

"Saya mulai dengan World Endurance Championship, kami memenangkan Le Mans dua kali dan kejuaraan dunia dan kemenangan bersama Toyota membuka mata saya untuk peluang lain. Salah satu peluang itu adalah Dakar. Ini adalah balapan paling sulit di planet ini,” tambah Fernando Alonso.

Penulis: Ergian Pinandita