MotoGP

Bukan Rossi, Ternyata Pembalap Ini yang Paling Berjasa Bagi Dunia MotoGP?

Rabu, 25 Desember 2019 21:25 WIB
Editor: Annisa Hardjanti
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Bagi sebagian besar pecinta MotoGP, mungkin pembalap kawakan Yamaha, Valentino Rossi, menjadi ikon yang paling berpengaruh dalam ajang balap tingkat dunia tersebut.

Namun tidak bagi manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio. Bagi bos dari dua pembalap Spanyol Alex Rins dan Joan Mir itu, justru Jorge Lorenzo-lah yang paling berpengaruh dalam perkembangan MotoGP sampai saat ini.

"Jorge memperkenalkan hal-hal baru dalam olahraga ini, dan ia juga mendorong pembalap lainnya untuk sampai di level yang sama dengannya," ujarnya dikutip dari Paddock GP, Rabu (25/12/2019) ini. 

Brivio melihat Lorenzo sebagai sosok yang tangguh, dan ada banyak hal dari dirinya yang layak untuk dipelajari oleh para pembalap-pembalap lainnya. 

"Jorge sangat tangguh dalam situasi yang terbilang sulit. Dia selalu belajar dan mau memperbaiki diri," kata Davide Brivio yang sempat menyayangkan keputusan Lorenzo untuk pensiun dari MotoGP.

Jorge Lorenzo memang telah mengambil keputusan untuk menyudahi kariernya di lintasan menjelang berakhirnya MotoGP musim ini beberapa waktu lalu. Tentu saja hal tersebut membuat banyak pihak terkejut.

Bukan tanpa alasan memang akhirnya Lorenzo memutuskan hal tersebut. Grafik penurunan performa menghantui dirinya di kompetisi musim ini tampaknya jadi latar belakang kuat dari keputusannya tersebut.

Padahal pembalap yang dijuluki X-Fuera itu sebenarnya masih cukup muda untuk mengakhiri karier profesionalnya di lintasan MotoGP.