Formula 1

Honda Berharap Red Bull Orbitkan Pembalap Asal Jepang di F1

Jumat, 27 Desember 2019 16:58 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Honda berharap tim Red Bull Racing bisa mengorbitkan pembalap asal Jepang, yakni Naoki Yamamoto, di kejuaraan balap mobil Formula 1 (F1).

Yamamoto sempat menjadi pembalap pengganti Pierre Gasly untuk tim Toro Rosso di sesi latihan bebas pertama atau Free Pratice (FP1) GP Jepang dan sukses mencatatkan hasil cukup apik.

Hal tersebut pun membuat tim yang kini berganti nama menjadi Alpha Tauri itu sempat tertarik mengontraknya. Meski demikian, Honda selaku pemasok mesin asal Jepang berharap Yamamoto bisa bergabung dengan Red Bull untuk menjadi pembalap cadangan.

"Kami mengonfirmasi bahwa kami sedang melakukan percakapan tentang Naoki Yamamoto dengan Red Bull dan Helmut Marko selaku petinggi tim," kata direktur pelaksana F1 Honda, Masashi Yamamoto, kepada laman Autosport.

Meski demikian, Masashi Yamamoto masih akan berdiskusi dengan pembalap berusia 30 tahun tersebut dan tak ingin memutuskan keputusan tersebut secara sepihak.

“Kami memiliki tawaran yang cukup bagus tetapi ini bukan hanya keputusan Honda atau keputusan tim, kami juga harus berbicara dengan Naoki sendiri, apalagi ia masih berpartisipasi dalam beberapa balapan,” tambahnya.

Rencana untuk mengorbitkan Naoki Yamamoto di kejuaraan F1 juga merupakan bagian dari deal mereka lantaran telah bekerja sama dengan Honda. Apalagi, kedua belah pihak telah memutuskan memperpanjang kontrak hingga akhir musim 2021.

Sekadar informasi, Naoki Yamamoto merupakan pembalap yang masih aktif di ajang Super GT dan Super Formula, event balapan tertinggi di Jepang yang telah dia ikuti sejak tahun 2010.

Musim lalu, ia berhasil menggandengkan gelar Super Formula, yang juga pernah ia menangi pada 2013, dengan gelar Super GT, dicetak bersama mantan pembalap F1, Jenson Button.