MotoGP

Bukan Quartararo, Siapa Paling Berjasa Bagi Yamaha di MotoGP 2019?

Sabtu, 28 Desember 2019 17:06 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Annisa Hardjanti
© Crash Net
Penampilan apik Fabio Quartararo di paruh kedua MotoGP 2019 menghembuskan rumor kalau rider Prancis itu jadi pembalap referensi bagi teknisi Yamaha. Copyright: © Crash Net
Penampilan apik Fabio Quartararo di paruh kedua MotoGP 2019 menghembuskan rumor kalau rider Prancis itu jadi pembalap referensi bagi teknisi Yamaha.

INDOSPORT.COM - Penampilan apik Fabio Quartararo di paruh kedua MotoGP 2019 menghembuskan rumor kalau rider Prancis itu jadi pembalap referensi bagi teknisi Yamaha.

Namun hal itu langsung dibantah oleh teknisi Vinales, Esteban Garcia. Melansir dari Motorsport, Esteban mengatakan bahwa Quartararo bukanlah referensi Yamaha dalam mengembangkan mesin YZR-M1 pada musim kemarin.

"Saya mendengarnya berulang kali (rumor Quartararo menjadi referensi Yamaha). Sekarang Fabio ada di Yamaha dan semua orang mulai membicarakannya. Tapi sejujurnya, saya tidak pernah yakin bahwa dia (Fabio) menjadi alarm bagi kami (teknisi Yamaha)," ujar Esteban.

Esteban Garcia justru menyebut Maverick Vinales lah yang menjadi acuan Yamaha udalam meningkatkan performa YZR-M1. Hal itu berangkat dari penampilan impresif rekan Valentino Rossi itu kemarin.

"Kami (saya dan Vinales) adalah acuan karena kami adalah salah satu sosok yang memenangkan banyak seri balapan. Kami fokus terhadap masalah kami dan bagaimana kami meningkatkan performa mesin.

"Itu benar ketika kamu memiliki banyak pembalap seperti Rossi, Morbidelli atau Quartararo di sekitarmu, kamu akan selalu membanding-bandingkan dan mencoba untuk melihat apa yang mereka lakukan," imbuhnya.

Maverick Vinales sendiri menjadi salah satu andalan Yamaha pada musim 2019 silam. Meski Fabio Quartararo mulai merangsek pasca jeda musim panas, namun pembalap berusia 24 tahun ini mampu tampil konsisten dan finis diperingkat tiga klasemen MotoGP dengan 269 poin hasil dari dua kemenangan dan tujuh podium.