MotoGP

Persoalan Dana Jadi Masalah Aprilia Bersaing di MotoGP

Senin, 6 Januari 2020 19:19 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Aprilia Gresini Racing
Kucuran dana jadi masalah Aprilia dalam bersaing di ajang MotoGP. Copyright: © Aprilia Gresini Racing
Kucuran dana jadi masalah Aprilia dalam bersaing di ajang MotoGP.

INDOSPORT.COM - Aprilia nampaknya tak memasang target muluk-muluk pada musim MotoGP 2020 setelah salah satu test rider-nya, Bradley Smith, menyebut tim asal Italia ini tak memiliki banyak uang untuk bersaing di papan atas pabrikan.

Seperti yang disadur dari Corse Di Moto, Smith menyebutkan bahwa Aprilia beruntung memiliki Piaggio sebagai penyokong dana untuk mengarungi musim kompetisi 2020 mendatang.

"Kami beruntung memiliki Piaggio, mereka salah satu pabrikan motor terbesar di dunia. Jika ingin mencapai level Honda, Yamaha, atau KTM, kami (Aprilia) bisa melakukannya," ujar Smith.

Namun Bradley Smith tetap menyayangkan sedikitnya kucuran dana yang didapat Aprilia. Pasalnya, dana besar akan membantu tim asal Italia ini bersaing di MotoGP 2020.

"Banyak teknologi yang hadir di paddock. Anda harus memberi kesempatan kepada produsen untuk bekerja mencari sponsor demi menambah dana. Saya akan merekrut 150 teknisi, tapi saya tak dapat melakukannya," lanjutnya.

Aprilia sendiri harus menelan pahitnya kenyataan musim 2019 lalu kala menjadi tim terbawah di peringkat konstruktor, tepat di belakang KTM. Hal tersebut akan coba diperbaiki oleh mereka demi bersaing di papan atas MotoGP.

Sebelumnya demi memenuhi ambisi tersebut, Aprilia bahkan merombak mesin yang mereka pakai untuk MotoGP 2020. Disebutkan bahwa mesin yang akan mereka gunakan meniru konfigurasi Honda dan Ducati.