MotoGP

Balikan ke Mantan, Jorge Lorenzo Resmi Jadi Test Rider Yamaha

Jumat, 31 Januari 2020 13:56 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© NurPhoto/GettyImages
Pensiun dari MotoGP, Jorge Lorenzo kembali bergabung dengan tim pabrikan Yamaha, kali ini sebagai pembalap penguji. Copyright: © NurPhoto/GettyImages
Pensiun dari MotoGP, Jorge Lorenzo kembali bergabung dengan tim pabrikan Yamaha, kali ini sebagai pembalap penguji.

INDOSPORT.COMJorge Lorenzo kembali bergabung dengan tim pabrikan Yamaha, namun bukan sebagai pembalap aktif MotoGP, melainkan test rider atau pembalap penguji.

Kabar tersebut diumumkan Yamaha pada laman resminya. Sebelumnya, mantan rider berjuluk X-Fuera itu santer dirumorkan akan menjadi test rider usai memutuskan pensiun sebagai pembalap MotoGP pada November 2019.

Lin Jarvis selaku Managing Director Yamaha Motor Racing mengatakan, sejak Lorenzo memutuskan pensiun, pihaknya langsung memintanya bergabung dengan pabrikan asal Jepang tersebut.

“Kami sangat senang menyambut kembalinya Jorge Lorenzo di Yamaha. Apalagi setelah Lorenzo memutuskan pensiun dan kami langsung memintanya untuk kembali ke Yamaha,” ujar Lin Jarvis.

“Penampilannya saat membela Yamaha selama sembilan musim tak perlu diragukan lagi. Ia adalah seorang pembalap MotoGP yang berpengalaman dan tentunya tak asing lagi dengan motor YZR-M1 serta para staf. Ia juga rider yang sanga detail dan cocok untuk menjadi test rider,” tambahnya.

Lorenzo sendiri memang telah bergabung dengan Yamaha pada 2006. Kemudian ia bergabung dengan tim pabrikan Fiat Yamaha pada 2008 untuk menjadi tandem Valentino Rossi selama sembilan musim, dengan meraih tiga gelar dunia, 145 podium, 44 kemenangan, dan 40 pole.

Nantinya, Jorge Lorenzo akan bekerja sama dengan kepala kru Silvano Galbusera dalam tim pengembangan Yamaha untuk membuat tim berlogo Garpu Tala tersebut kembali garang di kejuaraan MotoGP.

Kehadirannya di tim Yamaha juga membuat ia berpeluang besar menjadi rider wild card, jika pria asal Spanyol itu bersedia dan mendapat izin.