MotoGP

3 Pembalap Tertua Bakal Tampil di MotoGP 2020, Siapa Saja Mereka?

Sabtu, 29 Februari 2020 14:51 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© fotopress/Getty Images
Pembalap tim LCR Honda, Cal Crutchlow. Terdapat tiga pembalap tertua yang bakal menghiasi dan tampil di kejuaraan MotoGP 2020 yang dimulai pada 8 Maret mendatang. Siapa sajakah mereka? Copyright: © fotopress/Getty Images
Pembalap tim LCR Honda, Cal Crutchlow. Terdapat tiga pembalap tertua yang bakal menghiasi dan tampil di kejuaraan MotoGP 2020 yang dimulai pada 8 Maret mendatang. Siapa sajakah mereka?

INDOSPORT.COM – Terdapat tiga pembalap tertua yang bakal menghiasi dan tampil di kejuaraan MotoGP 2020 yang dimulai pada 8 Maret mendatang. Siapa saja mereka?

Tiga pembalap tertua tersebut ialah Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha), Cal Crutchlow (LCR Honda) dan Andrea Dovizioso (Ducati Team). Ketiga rider ini masing-masing berusia 41, 35, dan 34 tahun pada musim 2020.

Melansir dari laman Corsedimoto, degradasi performa karena dimakan usia dan kesulitan dalam bersaing dengan para pembalap muda membuat ketiga rider kawakan tersebut diambang pensiun dan nasibnya dikabarkan tergantung dengan penampilnnya pada musim 2020 ini.

Cal Crutchlow sendiri pernah megatakan bahwa balapan musim ini bisa saja menjadi balapan MotoGP terakhir dalam kariernya. Keputusan tersebut telah dipikirkan olehnya lantaran ia merasa sudah tak sebugar dahulu lantaran beberapa efek cedera yang pernah ia alami.

Crutchlow mengungkapkan bahwa ia kerap mengalami sakit di sekujur tubuhnya. Meski demikian, ia tetap bisa memaksa dirinya untuk tetap membalap secara profesional.

Saya telah mengatakannya berulang kali bahwa saya pikir karier saya akan berakhir di MotoGP 2020. Saya memang tak secepat dulu, saya masih bisa tampil profesional dengan hasil apik tetapi saya merasakan tubuh saya sakit dimana-mana,” tutur Cal Crutchlow.

Sementara Andrea Dovizioso juga sempat terbuka terkait isu bahwa dirinya bakal gantung helm. Ia mengaku tak akan sesumbar akan bertahan selama mungkin di Ducati karena tim asal Italia tersebut berniat untuk menggunakan jasa para pembalap muda.

Jika dirinya tak menjalin mitra dengan Ducari maka ia tak keberatan untuk hengkang ke tim lain. Namun jika ternyata para tim balap sudah tak tertarik untuk merekrutnya, Andrea Dovizioso tak keberatan untuk pensiun.

“Meski sudah berusia 34 tahun saya masih bisa komeptitif. Namun kelak jika saya tak berada di Ducati, maka saya tak keberatan untuk pensiun, tapi saya tak ingin membicarakan hal ini secara terburu-buru,” ujar Andrea Dovizioso.

Sedangkan Valentino Rossi yang baru saja berusia 41 tahun itu mengaku bahwa ia sebenarnya belum ingin pensiun dari MotoGP, meski posisinya di tim Monster Energy Yamaha akan berakhir usai Fabio Quartararo akan menggantikannya untuk menjadi rekan setim Maverick Vinales pada 2021-2022.

Namun, keputusan untuk tetapi menjadi pembalap aktif di MotoGP atau memutuskan untuk pensiun akan ditentukan oleh rider berjuluk The Doctor itu pada pertengahan musim 2020.

"Konsisten dengan apa yang saya katakan tahun lalu, saya mengkonfirmasi bahwa saya enggan terburu-buru membuat keputusan dan butuh lebih banyak waktu dan saya baru bisa memutuskannya pada pertengahan musim 2020," kata Valentino Rossi.

"Setelah terjadi perubahan pada aspek teknis dan kedatangan kepala kru tim baru, tujuan utama saya pada musim ini adalah tampil kompetitif dan tentu saja saya juga masih ingin melanjutkan karier pada musim 2021," tambahnya.

Akan sulit bagi ketiga pembalap kawakan tersebut untuk bertahan dan bersaing dengan pembalap muda seperti Marc Marquez, Fabio Quartararo, Brad Binder dan sejumlah rider muda yang mampu tampil impresif di ajang MotoGP yang semakin ketat.