Formula 1

Dibuat Kacau Virus Corona, F1 Majukan Jadwal Jeda Musim Panas

Kamis, 19 Maret 2020 17:46 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© formula1.com
Pandemi virus corona masih membuat kacau sejumlah acara olahraga, termasuk Formula (F1). Copyright: © formula1.com
Pandemi virus corona masih membuat kacau sejumlah acara olahraga, termasuk Formula (F1).

INDOSPORT.COM – Pandemi virus corona masih membuat kacau sejumlah acara olahraga. Termasuk Formula (F1) yang memutuskan untuk memajukan jadwal jeda atau libur musim panas.

Melansir dari laman resmi F1, FIA (Federasi Otomotid Internasional) memutuskan untuk memajukan jadwal jeda musim panas sebagai langkah untuk antisipasi wabah virus corona yang kian meluas.

Ini berarti, libur musim panas yang biasanya berlangsung pada bulan Juli dan Agustus selama dua pekan, akan dimajukan ke bulan Maret dan April dengan perpanjangan waktu jeda selama 21 hari.

“Mengingat dampak dari virus Corona yang telah mengglobal dan telah mempengaruhi jadwal F1, Dewan Motorsport Dunia telah menyetujui perubahan terhadap Regulasi Sports FIA F1 2020 dengan memindahkan jadwal jeda musim panas dari  Juli dan Agustus ke Maret dan April, serta memperpanjangnya dari 14 hari menjadi 21,” tulis rilis tersebut.

Keputusan tersebut pun harus dipatuhi oleh pembalap dan staf tim, dengan menghentikan segala aktivitas balapan maupun pengembangan jet darat yang biasa dilakukan.

Sebelumnya F1 dan FIA telah resmi membatalkan GP Australia yang sedianya berlangsung pada Minggu (15/3/20). GP Bahrain yang semula dijadwalkan akan digelar pada 22 Maret dan GP Vietnam dan GP China juga harus ditunda lantaran ancaman virus corona.

Maka seri balapan perdana baru akan berlangsung di GP Belanda pada 3 Mei mendatang. Meski demikian, keputusan ini bisa berubah jika wabah virus Corona belum juga mereda.