MotoGP

Valentino Rossi Sebut Gabung Yamaha adalah Keputusan Gila

Kamis, 4 Juni 2020 10:38 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Mirco Lazzari gp/Getty Images
Valentino Rossi menyebut bahwa bergabung dengan tim Yamaha merupakan keputusan dan pilihan yang tepat dalam karier MotoGP-nya. Copyright: © Mirco Lazzari gp/Getty Images
Valentino Rossi menyebut bahwa bergabung dengan tim Yamaha merupakan keputusan dan pilihan yang tepat dalam karier MotoGP-nya.

INDOSPORT.COMValentino Rossi menyebut bahwa bergabung dengan tim Yamaha merupakan keputusan dan pilihan yang tepat dalam karier MotoGP-nya.

Nama Rossi dan Yamaha begitu melekat hingga ia sukses selalu menjadi ikon bagi tim Iwata yang telah dibelanya sejak MotoGP 2004 silam, usai memutuskan untuk melepas statusnya sebagai pembalap tim Repsol Honda yang pernah dilakoninya pada musim 2002-2003.

Bahkan rider berjuluk The Doctor tersebut mengaku bahwa ia tak menyesal hengkang dari tim Repsol Honda untuk menandatangani kontrak dengan Yamaha, yang dinilai sebagai salah satu keputusan yang tepat dan cukup gila.

Rossi juga mengibaratkan keputusannya dengan apa yang pernah dilakukan oleh pembalap Formula 1 (F1), Lewis Hamilton, yang memutuskan untuk hijrah dari tim McLaren ke tim papan atas Mercedes pada 2012, dan sukses meraih sejumlah gelar juara dunia.

"Saya telah membuat pilihan yang tepat dan cukup gila kala itu. Mungkin jika diibaratkan, saya seperti Lewis Hamilton yang juga melakukan hal yang sama saat memutuskan pergi dari McLaren ke Mercedes,” ujar Valentino Rossi, dilansir dari laman GP One.

“Honda berpikir saya gila karena begitu tak percaya dan bertanya-tanya saat mengetahui saya mencampakkan perpanjangan kontrak yang telah disodorkan, dan memutuskan untuk gabung dengan Yamaha. Namun pada akhirnya saya tidak hanya menang untuk sebuah tim, tapi lebih dari itu,” imbuhnya.

Nyatanya bergabung dengan Yamaha membuat Rossi mampu meraih masa jaya dalam karier membalapnya, dengan menyabet empat gelar juara dunia MotoGP yakni pada musim 2004, 2005, 2008, dan 2009.

Meski saat ini Rossi sudah tak begitu kompetitif seperti dulu lantaran mengalami degredasi performa di usianya yang sudah kepala empat, tekad dan semangat juangnya masih sama seperti dulu.

Kini, karier Valentino Rossi bersama tim pabrikan Monster Energy Yamaha akan berakhir setelah posisinya digantikan oleh Fabio Quartararo pada musim 2021-2022. Ia juga dikabarkan akan membela tim satelit Petronas Yamaha SRT, juga memutuskan tak jadi pensiun dari ajang MotoGP.