Formula 1

Eks Bos F1: Semoga Ferrari Memperlakukan Sebastian Vettel dengan Adil

Rabu, 24 Juni 2020 14:05 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Pembalap Formula 1 (F1) Ferrari, Sebastian Vettel . Copyright: © INDOSPORT
Pembalap Formula 1 (F1) Ferrari, Sebastian Vettel .

INDOSPORT.COM - Bernie Ecclestone berharap Ferrari akan memperlakukan Sebastian Vettel secara adil dan setara dengan Charles Leclerc di balapan tahun terakhirnya bersama tim Kuda Jingkrak pada musim Formula 1 (F1) 2020.

Mantan bos F1 itu tak lupa meminta Ferrari tak lagi memperlakukannya dengan kurang baik di musim yang menjadi tahun terakhir Vettel.

Vettel diketahui memutuskan tidak memperpanjang kontrak bersama Ferrari yang akan habis pada akhir 2020. Kemudian posisinya digantikan oleh Carlos Sainz Jr. yang hengkang dari McLaren, untuk menjadi rekan setim Charles Leclerc pada 2021-2022.

"Tentu, Sebastian Vettel sekarang hanya memiliki satu tujuan yaitu untuk menjadi lebih cepat daripada Charles Leclerc. Saya hanya berharap Ferrari bisa memperlakukannya secara adil dan setara dengan rekan setimnya!" kata Bernie Ecclestone, dilansir dari laman Grandpx247.

Tim asal Moranello, Italia tersebut memang telah dikenal sebagai tim F1 yang kerap melakukan team order di seri balapannya. Bahkan strategi team order yang dilakukan oleh tim asal Italia itu sempat menjadi kontroversi.

Namun, kebijakan team order kadang malah memberikan kerugian bagi Ferrari, salah satunya saat Leclerc harus mengalah kepada Vettel di GP China 2019, dan juga GP Rusia 2019. Akan tetapi, strategi tersebut malah membuat keduanya gagal meraih podium.

Meski demikian, tampaknya mereka akan memberlakukan team order kepada dua pembalapnya, seperti diungkapkan oleh Mattia Binotto selaku kepala tim Ferrari. Dia mengatakan bahwa Vettel dan Leclerc akan menerima team order jika situasi dan kondisinya menguntungkan.

Padahal, sebelumnya Binotto mengungkapkan bahwa tak akan ada pembalap nomor satu atau dua di tim berjuluk Kuda Jingkrak. Sebastian Vettel dan Charles Leclerc akan dibiarkan bersaing dengan ketat untuk membuktikan diri siapa pembalap terbaik di tim Ferrari.