MotoGP

5 Momen Terbaik Valentino Rossi Selama Berkarier di MotoGP

Jumat, 26 Juni 2020 19:04 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Crash.net
Valentino Rossi merupakan sosok pembalap legendaris yang hingga saat ini masih aktif bertarung di atas aspal, namun ada lima momen terbaik The Doctor di MotoGP Copyright: © Crash.net
Valentino Rossi merupakan sosok pembalap legendaris yang hingga saat ini masih aktif bertarung di atas aspal, namun ada lima momen terbaik The Doctor di MotoGP

INDOSPORT.COMValentino Rossi merupakan sosok pembalap legendaris yang hingga saat ini masih aktif bertarung di atas aspal, namun ada lima momen terbaik The Doctor di ajang MotoGP yang sulit untuk dilupakan.

Rossi telah menghabiskan waktu selama 25 tahun di ajang balap motor, dengan sederet prestasi termasuk sembilan gelar juara dunia di berbagai kelas termasuk tujuh title di kelas utama MotoGP.

Meski kini kariernya tak semoncer dahulu, lantaran usianya yang menginjak 41 tahun cukup menjadi hambatan untuk bersaing dengan rider muda lainnya, namun keberadaannya di ajang motorsport memang tak bisa dilupakan.

Termasuk lima momen terbaiknya selama berkarier di dunia balap. Melansir dari Essentially Sports, berikut ulasan singkat balapan terbaik Rossi selama di MotoGP:

MotoGP Australia 2001

MotoGP Australia 2001 yang berlangsung di sirkuit Phillip Island merupakan salah satu momen terbaik, di mana Rossi mampu meraih juara kelas utama untuk pertama kalinya.

Balapan tersebut berlangsung sengit dimana Rossi yang masih membela Honda harus head to head dengan rival beratnya kala itu yakni Max Biaggi di akhir era 500cc.

Namun ia mampu mendominasi sejak awal, termasuk dengan bermanuver menyalip lawannya di beberapa tikungan terakir untuk menjadi yang terdepan hingga garis finis, di mana ia berhasil menang dengan selisih 0,013 detik dari Max Biaggi.

MotoGP Afrika Selatan 2004

Musim ini juga menjadi tahun terpenting dalam hidup Rossi, di mana ia memutuskan untuk hengkang dari Honda ke Yamaha, dengan seri balapan Afrika Selatan yang berlangsung di Welkom.

The Doctor mampu finis menjadi yang tercepat dan saat itu menjadi satu-satunya rider yang memenangi dua balapan berturut-turut dengan dua tim pabrikan yang berbeda.

Ia juga mampu membawa Yamaha meraih kembali kesuksesannya setelah terseok-seok selama 18 bulan. Kehadirannya mampu membuat Yamaha kembali melambung setelah Rossi meraih tiga gelar juara dunia pada musim 2005, 2008 dan 2009.

MotoGP Spanyol 2005

Satu tahun kemudian juga menjadi momen paling berkesan dalam karier Rossi. Ia mampu menghalangi legenda MotoGP, Sete Gibernau untuk meraih gelar juara.

Sete Gibernau merupakan salah satu saingan Rossi pada masanya, terutama pada tahun 2005 di mana keduanya berduel ketat di atas aspal. The Doctor nekat melakukan manuver beresiko tingg dengan menyalip lawannya di tikungan terakhir sirkuit Jerez, Spanyol.

Aksi tersebut pun sempat membuat Sete Gibernau marah, dan menyebut manuver yang dilakukan rivalnya adalah contoh buruk bagi pembalap lain. Namun berkat aksi nekatnya, ia mampu meraih juara di seri balapan tersebut.