Formula 1

5 Fakta Menarik Michael Schumacher, Sang Legenda Hidup Formula 1

Rabu, 1 Juli 2020 22:38 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Berikut fakta Michael Schumacher, sang legenda hidup Formula 1 (F1). Copyright: © Getty Images
Berikut fakta Michael Schumacher, sang legenda hidup Formula 1 (F1).

INDOSPORT.COM Michael Schumacher dikenal sebagai sosok legenda hidup kejuaraan Formula 1 (F1), lantaran sederet prestasi yang mampu ia raih di ajang motorsport.

Pembalap asal Jerman tersebut diketahui memulai debutnya sebagai pembalap F1 profesional sejak tahun 1991 hingga 2006. Sempat pensiun selama empat musim, ia kemudian memutuskan comeback pada tahun 2010 sebelum akhirnya pensiun pada musim 2012.

Pria yang memiliki julukan Schumi ini berhasil meraih kejayaan bersama tim Jordan, Benetton, dan Ferrari. Sayangnya, ia tak berhasil meraih kesuksesan kala bergabung dengan tim Mercedes jelang masa pensiunnya.

Ia kini pun tak bisa menikmati masa pensiun lantaran harus rutin menjalani perawatan medis secara intensif dan kondisinya masih dirahasiakan oleh pihak keluarga, usai mengalami kelumpuhan. Kepalanya terbentur dalam sebuah insiden ski di Pegunungan Alpen pada 2013. 

Meski sudah tak lagi aktif di ajang motorsport, namanya tetap melegenda dan selalu dikenang hingga saat ini. Melansir dari laman The Things, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT rangkum lima fakta menarik tentang Michael Schumacher, legenda hidup F1:

Balapan Sejak Usia 6 Tahun

Michael Schumacher memulai karier membalapnya sejak usia 6 tahun, dengan menjadi anggota termuda karting track yang berlokasi di Kerpen-Horrem, sebuah kelompok komunitas gokart di Jerman, dan di usia tersebut ia juga sudah sukses membawa trofi kemenangan.

Kecintaannya di dunia motorsport pun mendapatkan dukungan dari kedua orang tuanya, di mana ia terus mengasah kemampuannya dan sukses meraih kemenangan di kompetisi lokal hingga akhirnya bisa menjadi legenda seperti saat ini.

Tak Ingin Putranya Menjadi Seorang Pembalap

Schumi memiliki seorang putra, Mick Schumacher yang juga terjun di ajang motorsport dan tengah berkompetisi di kelas Formula 2 (F2). Namun siapa sangka, ia ternyata tak ingin putranya itu mengikuti jejaknya sebagai pembalap.

Schumi sempat menjelma menjadi seorang ayah yang protektif dan mengupayakan segala hal agar Mick tak menjadi seorang pembalap, lantaran risiko berbahaya yang harus ditanggung sang putra. Namun upaya tersebut gagal lantaran Mick terus menunjukkan bakatnya di ajang balap.

Pemain Sepak Bola yang Berbakat

Michael Schumacher merupakan olahragawan sejati, terbukti ia tak hanya mampu menguasai satu cabang olahraga saja. Schumi diketahui mahir menunggang kuda dan merupakan pemain sepak bola yang berbakat.

Bahkan si kulit bundar disebut sebagai cinta keduanya setelah balapan. Ia diketahui juga sempat beberapa kali tampil bersama tim FC Echichens, klub sepak bola Divisi Dua di Liga Sepak Bola Swiss. Schumacher juga sering berpartisipasi dalam beberapa pertandingan sepak bola untuk amal.