Formula 1

Mattia Binotto Ungkap Alasan Didepaknya Sebastian Vettel dari Ferrari

Minggu, 5 Juli 2020 13:00 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Bos tim Ferrari, Mattia Binotto mengungkapkan alasan didepaknya Sebastian Vettel dari pabrikan asal Italia tersebut untuk Formula 1 (F1) 2021. Copyright: © INDOSPORT
Bos tim Ferrari, Mattia Binotto mengungkapkan alasan didepaknya Sebastian Vettel dari pabrikan asal Italia tersebut untuk Formula 1 (F1) 2021.

INDOSPORT.COM – Bos tim Ferrari, Mattia Binotto mengungkapkan alasan didepaknya Sebastian Vettel dari pabrikan asal Italia tersebut untuk Formula 1 (F1) 2021.

Sebelumnya Vettel secara terang-terangan mengatakan bahwa dirinya terkejut dengan keputusan tim untuk mendepaknya, padahal ia masih ingin tetap berada di Ferrari. Ia juga mengatakan bahwa dirinya tak pernah ditawari perpanjangan kontrak oleh tim berjuluk Kuda Jingkrak.

Padahal sebelumnya, tim yang khas dengan livery warna merah itu mengatakan Vettel akan tetap menjadi pembalap nomor satu di Ferrari. Namun nyatanya posisinya digantikan oleh Carlos Sainz Jr. yang akan menjadi rekan setim Charles Leclerc di F1 2021-2022.

Mattia Binotto pun akhirnya buka suara untuk menjelaskan pernyataan Vettel. Sang kepala tim mengatakan bahwa rencana untuk menjadikan Vettel sebagai pembalap utama harus berubah dengan seiring adanya pandemi virus corona.

“Selama musim dingin kami memang mengatakan bahwa Sebastian Vettel merupakan pilihan utama kami. Wajar jika waktu itu banyak pembalap yang bertanya apakah ada kesempatan membalap dengan Ferrari, begitu juga Vettel yang menjadi pilihan utama kami,” ujar Mattia Binotto, dilansir laman Motorsport.

“Lalu yang terjadi ialah adanya pandemic virus corona ini, yang tak hanya mengubah ajang motorsport melainkan seluruh dunia. Situasi telah berubah, termasuk tak ada lagi kesempatan bagi Vettel untuk kembali dan membuktikan sejauh mana ia pantas bertahan di Ferrari, memang sangat disayangkan,” tambahnya.

Mattia Binotto juga mengatakan bahwa reaksi yang ditunjukan oleh Vettel adalah hal yang wajar, dan mereka bisa memahaminya. Meski demikian, pihaknya mengaku sangat berterimakasih kepada Vettel lantaran telah berjuang selama membela Ferrari di Formula 1 sejak musim 2015.