Formula 1

Lakoni Balapan Singkat, Inilah Format Baru Jadwal F1 GP Imola 2020

Rabu, 5 Agustus 2020 14:11 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Formula 1.com
Penyelenggara Formula 1 (F1) telah mengonfirmasi format baru GP Emilia Romagna, Italia yang berlangsung di sirkuit Imola pada 1 November 2020 mendatang. Copyright: © Formula 1.com
Penyelenggara Formula 1 (F1) telah mengonfirmasi format baru GP Emilia Romagna, Italia yang berlangsung di sirkuit Imola pada 1 November 2020 mendatang.

INDOSPORT.COM – Penyelenggara Formula 1 (F1) telah mengonfirmasi format baru GP Emilia Romagna, Italia yang berlangsung di sirkuit Imola pada 1 November 2020 mendatang.

Dalam formasi terbaru, GP Imola akan berbeda dengan seri balapan lainnya yang biasa digelar selama tiga hari, yakni hanya akan menjalani balapan singkat yang berlangsung dalam dua hari saja.

Seri balapan tersebut hanya akan menggelar satu sesi latihan bebas atau Free Practice (FP) pada pukul 10:00 waktu setempat, padahal biasanya dalam satu balapan terdiri dari tiga FP.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by FORMULA 1® (@f1) on

Setelah itu para pembalap F1 akan melakoni sesi kualifikasi yang berlangsung pukul 14:00, dan sehari setelahnya balapan utama baru akan digelar, sebagaimana dilansir dari laman resmi F1.

Tentunya format terbaru ini memberikan dampak besar bagi para pembalap, yakni harus menjalani balapan singkat dan tidak maksimalnya pendekatan atau data dari jet darat yang diperlukan selama sesi latihan, di mana para pembalap hanya memiliki waktu 90 menit saja untuk mempersiapkan segalanya.

Seri di sirkuit Imola diketahui baru masuk dalam kalender F1 pada musim ini bersama dua balapan lainnya yakni GP Portugal dan Nurburgring di Jerman. GP Imola juga untuk pertama kalinya kembali menggelar balapan setelah terakhir kali menggelar kejuaraan pada 2006 silam.

GP Emilia Romagna juga akan menjadi seri balapan ketiga yang diselenggarakan di Italia pada musim ini, setelah balapan di Monza dan Mugello yang akan berlangsung pada September mendatang.