Formula 1

Masih Ada Slot Kosong, Turki Jadi Tuan Rumah Balapan F1 Tahun Ini?

Rabu, 19 Agustus 2020 20:34 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Peter J Fox/Getty Images
Sebastian Vettel di balapan F1 GP Turki pada 2011. Copyright: © Peter J Fox/Getty Images
Sebastian Vettel di balapan F1 GP Turki pada 2011.

INDOSPORT.COMFormula 1 siap menambahkan satu balapan lagi di musim 2020, yakni Turki sebagai tuan rumah. Namun ini dengan asumsi venue balapan di negara tersebut sudah siap.

F1 merencanakan 17 balapan di tahun ini sebagaimana dijanjikan bos F1, Chase Carey. Atau setidaknya 15 balapan akan digulirkan sesuai dengan kesepakatan dengan stasiun televisi yang menyiarkan F1.

Selain Turki, Jerez juga dipertimbangkan untuk mengisi slot balapan kosong di bulan November tetapi akhirnya dibatalkan.

Sebelumnya, China dan Vietnam juga sudah dicoret dari kalender F1 musim ini menyusul pandemi virus Corona.

Meskipun F1 belum bisa mengonfirmasi tanggalnya, Turki direncanakan menjadi tuan rumah balapan pada 15 November, sebagaimana dilaporkan Motorsport.

Balapan itu akan diikuti GP Bahrain pada 29 November dan ditutup dengan GP Abu Dhabi pada 13 Desember.

Wacana Turki sebagai tuan rumah F1 menyeruak pada bulan lalu. Venue Istanbul Park Circuit terakhir kali mengadakan balapan F1 pada 2011 sebelum berhenti menjadi tuan rumah karena alasan komersial.

Sirkuit tersebut dioperasikan oleh perusahaan Intercity sejak 2013 dan Presiden Recep Tayyip Erdogan telah memberi tugas perusahaan itu untuk membawa kembali balapan F1.

Pembalap F1 saat ini yang pernah menjajal balapan di Turki adalah Lewis Hamilton, Sebastian Vettel, Kimi Raikkonen, dan Sergio Perez.

Wacana ini pun disambut antusias oleh pembalap Renault, Esteban Ocon. “Turki adalah sirkuit yang fantastis, jika masuk kalender balapan, itu sangat hebat,” komentarnya.