Formula 1

Juri Vips, Pembalap Estonia yang Gantikan Sean Gelael di Formula 2

Sabtu, 22 Agustus 2020 21:32 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Instagram/DAMS
Juri Vips bakal menggantikan Sean Gelael di tiga balapan Formula 2 2020. Copyright: © Instagram/DAMS
Juri Vips bakal menggantikan Sean Gelael di tiga balapan Formula 2 2020.

INDOSPORT.COMJuri Vips akan menjadi pengganti Sean Gelael dalam tiga seri balapan Formula 2 2020 berikutnya.

Pembalap Indonesia Sean Gelael mengalami cedera retak tulang belakang usai terlibat insiden dengan Jack Aitken di balapan 1 F2 GP Spanyol akhir pekan lalu. Sean pun harus beristirahat selama beberapa pekan untuk pemulihan.

Tim DAMS akhirnya mengumumkan pembalap Red Bull junior Juri Vips sebagai penngganti sementara Sean di F2 GP Belgia, Monza, dan Mugello.

Juri Vips sendiri adalah pembalap berusia 20 tahun kelahiran Estonia. Sejak berusia 11 tahun, ia sudah mencoba dunia balap karting dan memenangkan berbagai balapan di negara asalnya. Ia lalu menjadi juara dunia Rotax Max Challenge pada 2014 lalu.

Dua tahun berselang, Vips melakoni debut di Formula 4 Italia dan ADAC Formula 4 bersama Prema Powerteam. Pada 2017, ia mengklaim gelar juara ADAC Formula 4 bersama Prema.

Ia juga pernah menjajal Formula 3 2018 bersama pembalap DAMS lainnya saat ini, yakni Dan Ticktum. Di tahun yang sama, ia bergabung dengan tim Red Bull junior.

Pada tahun ini, Vips bergabung dengan Team Mugen untuk kejuaraan Super Formula 2020 bersama Tomoki Nojiri. Namun kiprahnya terhalang pandemi virus corona, ia bahkan tertahan di Jepang selama dua bulan sebelum bisa kembali ke rumah.

Laman Formula Scout sempat membuat prediksi mengejutkan pada tahun lalu. Formula Scout menyebut Juri Vips pantas mendapat lompatan karier untuk balapan di Formula 1 pada tahun ini.

Pasalnya, Vips dinilai memiliki prestasi lengkap di level junior, pengetahuan yang baik soal trek F1, dan akses ke simulator Red Bull.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%