MotoGP

Miguel Oliveira, 'The Doctor' Sesungguhnya Pencetak Sejarah Portugal di MotoGP

Minggu, 23 Agustus 2020 23:30 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Juara MotoGP Styria 2020, Miguel Oliveira, sepertinya layak mendapat sebutan The Doctor, julukan yang selama ini melekat kepada rider Yamaha, Valentino Rossi.

Rider KTM, Miguel Oliveira, tengah ramai diperbincangkan setelah secara dramatis menjuarai MotoGP Styria, Minggu (23/08/20) malam WIB.

Balapan MotoGP Styria tersebut diwarnai insiden kerusakan rem pada motor pembalap Yamaha, Maverick Vinales. Motornya kemudian menabrak ban pembatas dan terbakar sehingga red flag pun dikibarkan.

Restart balapan, momen seru pun terjadi menjelang finish. Pol Espargaro, yang memimpin race, dipepet ketat oleh Jack Miller dan Miguel Oliveira.

Di tikungan terakhir jelang garis finish, Miguel Oliveira tak dinyana menyalip Espargaro dan Miller sekaligus, menyegel tempatnya sebagai juara MotoGP Styria, seri kelima di 2020.

Miguel Oliveira mungkin beruntung mengingat dirinya dan motor KTM yang ia kendarai terbilang belum stabil. Sebelum juara di Styria, ia meraih posisi kedelapan di GP Spanyol, keenam di GP Ceko, dan dua kali gagal finish di GP Andalusia dan GP Austria.

Maka, ini terasa istimewa bagi Miguel Oliveira. Tak cuma merupakan kemenangan perdana sepanjang kariernya di MotoGP sejak debut pada 2019, tapi ia juga menjadi rider pertama asal Portugal yang mampu finish di urutan pertama kelas utama ini.

Tak pelak, pembalap berusia 25 tahun itu digadang-gadang sebagai calon juara MotoGP kelak. Andai kariernya sebagai rider kurang mengilap, masa depan Miguel Oliveira masih bisa cerah di profesi lain.

Miguel Oliveira diketahui tengah mengenyam pendidikan S2 di jurusan kedokteran gigi. Dia telah menjalani praktek sebagai bagian dari prosesnya menuju Dokter Gigi.

"Saya selalu punya target menuntaskan bangku kuliah dan membuka sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan gigi. Dengan waktu yang minim, tapi sedikit demi sedikit, saya bisa. Saya mahasiswa normal. Sekarang, prioritas saya ialah balapan motor," ujar Miguel Oliveira kepada Marca.

"Jadi dokter gigi bukan rencana cadangan. Saya selalu memberikan komitmen penuh dalam karier balapan saya. Saya hanya menikmati kesehatan gigi. Apa yang bisa saya katakan selain saya hanya menyukai gigi," kata Miguel Oliveira kepada Crash.net.

Menjadi pembalap motor calon juara MotoGP bergelar dokter gigi? Sepertinya hanya Miguel Oliveira yang mampu melakukannya.