Formula 1

Hasil Balapan F1 GP Belgia: Kemenangan ke-89 Lewis Hamilton

Minggu, 30 Agustus 2020 22:04 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Matthew Childs/Reuters
Lewis Hamilton menjadi pemenang di F1 GP Belgia 2020. Copyright: © Matthew Childs/Reuters
Lewis Hamilton menjadi pemenang di F1 GP Belgia 2020.

INDOSPORT.COM - Berikut hasil balapan Formula 1 (F1) GP Belgia yang digelar di Sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu (30/08/20). Lewis Hamilton tampil sebagai juara.

Duo Mercedes yakni Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, bersaing ketat dengan Max Verstappen (Red Bull) di posisi tiga teratas. Balapan sempat diwarnai insiden kecelakaan yang melibatkan Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo) yang menabrak dinding pembatas.

Kejadian di lap 11 tersebut pun menyeret pembalap Williams, George Russell, yang terkena potongan ban mobil Giovinazzi yang melayang ke arahnya. Kedua pembalap itu terpaksa mengalami DNF namun bersyukur tidak ada yang terluka.

Selain Giovinazzi dan Russell, Carlos Sainz Jr (McLaren) juga mengalami nasib apes di F1 GP Belgia kali ini lantaran tidak bisa ikut membalap karena terdapat masalah pada mobil yang akan dikendarainya. Alhasil, tiga pembalap tersebut hanya bisa gigit jari di balapan kali ini.

Jelang memasuki masa-masa paruh balapan, pertarungan sengit terjadi antara Pierre Gasly (Alpha Tauri), Daniel Ricciardo (Renault) dan Alexander Albon (Red Bull).

Ricciardo berhasil meraih P4 disusul oleh aksi salip-menyalip dua pembalap di belakangnya yakni Gasly dan Albon. Tak lama berselang, Albon yang menghuni posisi keenam pun berhasil menyalip Gasly di depannya.

Sampai lap terakhir, Lewis Hamilton berhasil mempertahankan keunggulannya dan memenangkan balapan. Disusul di belakangnya ada Valtteri Bottas dan Max Verstappen. Ini merupakan kemenangan ke-89 Hamilton sepanjang kariernya di F1.

Hasil di F1 GP Belgia ini pun sekaligus menjadi catatan apik bagi Mercedes yang berhasil memenangkan 6 dari 7 balapan yang sudah digelar musim ini. Hamilton sendiri menjuarai 5 di antaranya.