Formula 1

Hasil Kualifikasi Formula 1 Italia: Mercedes Berjaya, Ferrari Merana

Sabtu, 5 September 2020 21:15 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas
© Albert Gea/Pool via Getty Images
Lewis Hamilton jadi yang tercepat di kualifikasi Formula 1 Italia di Sirkuit Monza dan akan memimpin balapan pada Minggu (06/09/20) WIB. Copyright: © Albert Gea/Pool via Getty Images
Lewis Hamilton jadi yang tercepat di kualifikasi Formula 1 Italia di Sirkuit Monza dan akan memimpin balapan pada Minggu (06/09/20) WIB.

INDOSPORT.COM – Berikut hasil kualifikasi Formula 1 di Sirkuit Autodromo Nazionale Monza, Italia di mana Lewis Hamilton bersama Mercedes menjadi yang tercepat dan akan memimpin balapan yang akan berlangsung pada Minggu (06/09/20) WIB.

Kualifikasi Pertama (Q1)

Pada kualifikasi pertama, Hamilton menjadi yang tercepat di mana pembalap asal Inggris ini mampu mencetak catatan waktu 1 menit 19,514 detik. Ia unggul 0,272 detik dari rekan setimnya, Valtteri Bottas yang ada di tempat kedua.

Nasib malang menimpa Ferrari di kualifikasi pertama. Dua pembalap tim Kuda Jingkrak ini, yakni Charles Leclerc berada di posisi 10 dengan tertinggal 0,929 detik dan Sebastian Vettel berada di posisi 17 dan harus tereliminasi.

Kejutan di kualifikasi pertama terjadi di mana pembalp acing Point, Sergio Perez mampu berada di tempat ketiga yang kemudian diikuti Carlos Sainz di tempat keempat dan Pierre Gasly di tempat kelima.

Pembalap andalan Red Bull Racing, Max Verstappen harus berada di tempat keenam setelah tertinggal 0,679 detik dari Hamilton. Rekan setimnya, Alexander Albon sedikit beruntung karena berhasil menempati tempat ke-15 sehingga terhindar dari eliminasi.

Untuk kualifikasi pertama, selain Vettel yang tereliminasi, ada pula Romain Grosjean (P16), Antonio Giovinazzi (P18), George Russel (P19) dan Nicholas Latifi (P20).

Kualifikasi Kedua (Q2)

Untuk kualifikasi kedua, Bottas mampu menjadi yang tercepat di mana ia mampu mencatatkan waktu lebih baik dari kualifikasi pertama dengan 1 menit 18,952 detik yang disusul oleh Hamilton di tempat kedua dengan perbedaan waktu 0,140 detik.

Tak banyak perubahan terjadi di lima besar di mana Sergio Perez masih ada di tempat ketiga disusul Carlos Sainz di tempat keempat. Verstappen yang berada di posisi keenam pun mampu memperbaiki catatan waktunya dan menembus posisi lima menggeser Pierre Gasly yang turun ke tempat keenam.

Leclerc dan Ferrari nampak belum menemukan performa apik di mobile SF1000 di mana rider asal Monako ini harus menerima kenyataan berada di tempat ke-13 dan tereliminasi bersama empat pembalap lain yakni, Danil Kvyat (P11), Esteban Ocon (P12), Kimi Raikkonen (P14) dan Kevin Magnussen (P15).

Hasil ini memberikan catatan buruk untuk Ferrari di mana pembalapnya tak ada yang start dari posisi 10 teratas di Monza untuk pertama kalinya sejak 1984 silam.

Kualifikasi Ketiga (Q3)

Formula 1 Italia di Sirkuit Monza dipastikan akan dipimpin oleh duo Mercedes yakni Hamilton dan yang mampu menempati posisi pertama setelah mencatatkan waktu 1 menit 18,887 detik dan Bottas di tempat kedua dengan perbedaan 0,069 detik.

Catatan waktu yang dicetak Hamilton membuatnya jadi pemegang rekor tercepat di Monza dan sepanjang sejarah F1 mengalahkan Bottas yang di kualifikasi kedua mampu mencatatkan namanya pada rekor tersebut.

Pole position ini menjadi pole position Hamilton ke-94 sepanjang kariernya atau yag ketujuh di Monza selama diriya beradu di ajang balap mobil F1.

Untuk tempat ketiga akan diisi pembalap McLaren, Carlos Sainz dan disusul Sergio Perez d tempat keempat dan Max Verstappen di posisi lima.

Hasil ini membuat Lewis Hamilton akan diunggulkan pada balapan yang akan berlangsung di Sirkuit Autodromo Nazionale Monza, Italia yang akan digelar pada Minggu (06/09/20) malam WIB.

© Twitter.com/F1
Hasil kualifikasi F1 Monza, Italia Copyright: Twitter.com/F1Hasil kualifikasi F1 Monza, Italia
IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%