MotoGP

Honda Terpuruk di MotoGP Tanpa Dirinya, Marc Marquez: Tenang Aja Sih!

Kamis, 24 September 2020 22:21 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© motogp.com
Marc Marquez buka suara mengenai Honda yang kini mengalami masa-masa sulit di MotoGP tanpa dirinya. Copyright: © motogp.com
Marc Marquez buka suara mengenai Honda yang kini mengalami masa-masa sulit di MotoGP tanpa dirinya.

INDOSPORT.COM - Marc Marquez buka suara mengenai Honda yang kini mengalami masa-masa sulit di MotoGP tanpa dirinya. Pembalap berjuluk Baby Alien itu juga belum tahu kapan dirinya akan kembali ke lintasan.

Cedera membuat Marquez harus menjalani dua kali operasi di lengannya dan memaksa ia untuk absen entah sampai kapan. Tim dokter memperkirakan Baby Alien bakal absen setidaknya hingga tiga bulan ke depan.

“Tiga bulan itu agak berlebihan. Kami berusaha mencari pendapat yang berbeda, dokter yang berbeda dan mereka berkata sekitar tiga bulan," ujar Marquez seperti dilansir dari laman Repsol Honda Team.

"Tiga minggu pertama sama karena saya tidak merasakan apa-apa, dan saya tidak merasakan peningkatan apa pun. Tapi sekarang saya mulai merasakan beberapa hal membaik, saya mulai latihan di gym, saya mulai berlatih lagi."

Hanya bisa berdiam diri di rumah menyaksikan rekan-rekan dan rivalnya berlaga di MotoGP, Marquez merasa aneh. Pembalap kelahiran 17 Februari 1993 itu turut memberikan pendapatnya mengenai persaingan perebutan gelar juara yang masih tat tertebak.

“Sulit untuk mengatakannya, saya sempat mengatakan Quartararo atau Dovizioso (calon juara) tetapi, sejujurnya, saya mengharapkan lebih banyak dari mereka. Terutama dari Quartararo, saya berharap lebih banyak karena dia memenangkan dua balapan pertama dengan luar biasa, tapi tidak tahu kenapa dia sekarang," bebernya.

Di sisi lain, Marquez menyadari jika tanpa kehadirannya di MotoGP, Honda yang selalu perkasa semenjak 2013 dengan dirinya kini seolah terpuruk. 

Belum ada sosok pengganti yang sepadan dengan dirinya, termasuk sang adik, Alex Marquez, yang penampilannyaa masih jauh dari gemilang. Meski begitu, pembalap Spanyol itu yakin jika tim pabrikan asal Jepang akan mampu bangkit.

"Kami berharap dapat memperbaiki situasi untuk tahun depan karena saya merasa menjadi bagian dari Honda dan saya merasa itu adalah bagian dari tanggung jawab saya untuk berada di sana untuk membawa Honda ke puncak," jelas Marquez.

"Saya tidak tahu kapan saya akan kembali. Saya berharap untuk kembali secepat mungkin. Mari kita lihat tapi terima kasih telah terus mendukung saya, mendukung Honda dan jangan khawatir, kami akan kembali ke puncak,” tutup Marquez.

Tanpa Marquez, praktis Honda kini mengandalkan Alex Marquez dan pembalap Jepang, Takaaki Nakagami. Namun keduanya belum bisa menunjukkan penampilan maksimal dan meraih podium.