In-depth

Dipuja Rossi, Davide Brivio Si 'Mekanik Gagal' yang Bawa Suzuki Keluar dari Kegelapan

Senin, 16 November 2020 14:14 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© (Photo by Julian Finney/Getty Images)
Davide Brivio bersama Valentino Rossi dan Colin Edwards saat masih berada di Yamaha. Copyright: © (Photo by Julian Finney/Getty Images)
Davide Brivio bersama Valentino Rossi dan Colin Edwards saat masih berada di Yamaha.

INDOSPORT.COM - Sosok Manajer Tim Suzuki, Davide Brivio, menjadi perhatian usai keberhasilan pembalap tim tersebut, yakni Joan Mir, keluar sebagai juara dunia MotoGP 2020. Lantas siapakah sebenarnya Brivio? Pria yang sukses membawa Suzuki keluar dari kegelapan.

Dalam salah satu kesempatan, Valentino Rossi, mengakui kehebatan Suzuki di MotoGP musim ini. Semua itu tak lepas dari peran Davide Brivio yang juga menjadi sosok yang berperan penting di awal karier Rossi bersama Yamaha.

"Suzuki sudah bekerja dengan sangat baik karena saya pikir Brivio bekerja dengan fantastis karena dia bisa memadukan hasil kerja dari Jepang dengan kerja keras di Italia. Kemampuannya dalam bekerja sama membuat tim menjadi lebih kuat," ujar pembalap Yamaha tersebut dilansir dari Motorsport.

Sebagaimana diketahui, sebelum bergabung dengan Suzuki, Brivio adalah orang yang memprakarsai kepindahan Rossi ke Yamaha pada tahun 2004. 

Tidak diragukan lagi bahwa dia belajar banyak saat bekerja dengan insinyur Yamaha, Masao Furusawa, orang yang membawa pabrikan itu ke garis depan balap MotoGP empat tak.

Suzuki sendiri berhasil keluar lagi sebagai juara dunia MotoGP setelah meraihnya terakhir kali pada tahun 2000 silam lewat pembalapnya, Kenny Roberts Jr. 

Di atas kertas, tak ada yang membayangkan Suzuki berada di puncak lagi, Bahkan Davide Brivio sendiri tidak akan pernah memikirkan skenario seperti itu, tetapi terkadang mimpi menjadi kenyataan dan dongeng Suzuki adalah salah satu yang akan selalu diingat.

Selain Joan Mir yang meraih gelar juara dunia MotoGP, Suzuki juga masih berperan meraih predikat juara dunia konstruktor di balapan terakhir yang akan berlangsung di Portugal.

Untuk lebih mengenal sosok Brivio yang menjadi pembawa cahaya untuk Suzuki yang mengawali kiprah mereka di MotoGP dalam kegelapan, berikut INDOSPORT sajikan rangkumannya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%