MotoGP

Aprilia Curi Start untuk MotoGP 2021 dengan Lakukan Tes Lebih Awal

Senin, 23 November 2020 20:01 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© INDOSPORT
Aleix Espargaro dari tim Aprilia Gresini Racing. Copyright: © INDOSPORT
Aleix Espargaro dari tim Aprilia Gresini Racing.

INDOSPORT.COM - Aprilia Racing Team Gresini bahkan belum memutuskan siapa pembalap yang akan mereka gandeng untuk mendampingi Aleix Espargaro pada persaingan MotoGP musim depan.

MotoGP 2020 juga baru berakhir pada Minggu (22/11/2020) di Sirkuit Algarve, Portugal, dengan pembalap Team Suzuki Ecstar, Joan Mir, keluar sebagai juara dunia.

Namun, Aprilia sudah bergerak cepat dengan menggelar tes motor baru yang akan dipakai untuk MotoGP 2021, di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Bradley Smith yang mengisi tempat Andrea Iannone pada MotoGP 2020 kembali dipanggil untuk menguji motor. Iannone tidak bisa turun karena mendapat sanksi larangan ikut balapan MotoGP karena kasus doping.

"Musim ini sangat berat, beberapa pekan terakhir sangat berat. Jadi, saya sangat lelah. Meski begitu, semua anggota tim sangat termotivasi," kata Espargaro seperti ditulis Crash.

Tes motor baru Aprilia ini awalnya dijawalkan pada Selasa (24/11/2020) dan Rabu (25/11/2020). Namun, karena cuaca diramalkan akan buruk pada Rabu, tes pun dimajukan menjadi Senin dan Selasa.

Bradley Smith mencoba motor baru pada Senin (23/11/2020) pagi, lalu Espargaro yang musim ini berada di urutan ke-17 klasemen akhir baru bergabung setelah makan siang.

"Ada banyak yang baru untuk motor RS-GP 21, jadi saya tak sabar untuk bisa memacu motor tersebut. Mesinnya berbeda, sasisnya berbeda, swingarm-nya juga berbeda," kata Espargaro.

"Akan ada beberapa perubahan lagi nanti saat tes di Malaysia. Jadi, ada banyak hal yang harus dicoba. Konfigurasi yang berbeda," ujar kakak Pol Espargaro tersebut menambahkan.

Aprilia sebenarnya menjalani musim 2020 dengan harapan tinggi. Namun, mereka mengalami kesulitan, dan Espargaro tak bisa bersaing di depan.

"Tahun depan akan krusial buat Aprilia dan saya. Jika kami tidak bisa bersaing di enam besar pada setiap balapan, itu akan menjadi tahun yang tidak bagus buat kami," ujar pembalap Spanyol tersebut.

Sebelum seri terakhir di Portugal, Espargaro mengatakan bahwa bos Aprilia Racing, Massimo Rivola, akan mengumumkan siapa partnernya musim depan sebelum musim 2020 berakhir. Namun, hal itu tak terjadi.

Salah satu calon kuat yang disebut adalah pembalap Moto2, Joe Roberts. Tetapi, pembalap Amerika Serikat tersebut dikabarkan tetap memilih bersaing di Moto2.

Artinya, Aprilia kembali ke fase pencarian pembalap untuk mendampingi Aleix Espargaro musim depan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%