Dari demi Bisa Dekat-dekat, Doni Tata Akhirnya Mencuri Ilmu Valentino Rossi

Sabtu, 5 Desember 2020 08:01 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© Dok pribadi Doni Tata Pradita
Pembalap Indonesia, Doni Tata Pradita, bersama Valentino Rossi. Copyright: © Dok pribadi Doni Tata Pradita
Pembalap Indonesia, Doni Tata Pradita, bersama Valentino Rossi.

INDOSPORT.COM - Berada di sirkuit yang sama, meskipun beda tim dan beda kelas, tetap memungkinan para pembalap saling bertemu saat akhir pekan balapan.

Inilah yang dialami oleh pembalap Indonesia, Doni Tata, ketika ikut GP250 2008 dan Moto2 2013. Dia bisa bertemu dan bahkan bersaing di lintasan dengan beberapa pembalap terbaik di dunia.

Mega bintang Valentino Rossi tentu saja salah satu yang paling ingin ditemui oleh Doni Tata. Apalagi, pada tahun pertama bersaing di World Championship, Doni Tata masih berseragam Yamaha, sama dengan Rossi.

Ada banyak kejadian terkait Rossi yang akan selalu diingat Doni Tata dan jadi kenangan indah tak terlupakan.

"Pada balapan pertama saya di Qatar, rasanya luar biasa. Ketika itu banyak orang Indonesia yang ada di Qatar datang untuk memberikan dukungan," kata Doni memulai ceritanya kepada INDOSPORT.

"Waktu saya ada di grid, mereka berteriak-teriak dan ada bendera Indonesia juga. Rasanya luar biasa. Dan serunya, Valentino Rossi sampai keluar paddock karena penasaran kenapa ramai sekali," kata Doni sambil tertawa.

Gerak-gerik Valentino Rossi juga tak luput dari perhatian Doni Tata. Dia pun mulai menghafal beberapa kebiasaan pembalap Italia itu, dan akhirnya mengikuti.

"Setiap akan balapan GP125 (sekarang Moto3), sebelum start, Rossi pasti ke garis start untuk melihat lampu start. Saya ikut-ikut supaya bisa dekat dia. Bahkan saya dan dia pernah tertangkap satu frame di garis start dan muncul di televisi," kata Doni diiringi tawa.

Dari awalnya ingin dekat-dekat, Doni Tata akhirnya mengerti apa yang dilakukan Rossi di garis start jelang balapan GP125. Rupanya dia sedang melakukan simulasi start.

"Jadi, dia melihat lampu start, sambil pura-pura melakukan start. Dia menghitung, kapan memasukkan gigi, dan melakukan start. Lama-lama saya ikuti cara dia itu," ujar Doni Tata.

Tak hanya di paddock, Doni Tata juga punya kesempatan lain bertemu Rossi. Dia beberapa kali berlatih di The Ranch, tempat berlatih motor milik juara dunia sembilan kali tersebut.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%