Bintang Asia Talent Cup yang Kini Berlaga di Moto2 dan Moto3 World Championship

Senin, 8 Maret 2021 22:33 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© Instagram/@asiatalentcup
Pembalap Indonesia, Andi Copyright: © Instagram/@asiatalentcup
Pembalap Indonesia, Andi

INDOSPORT.COM - Ajang balap Asia Talent Cup (ATC) diklaim sebagai salah satu pijakan awal para pembalap yang punya mimpi berlaga di MotoGP World Champioship.

Sejak pertama digelar pada 2014, memang belum ada pembalap yang berhasil tampil di MotoGP. Namun, jalan ke sana semakin terbuka karena sudah ada beberapa pembalap yang sukses menembus persaingan Moto2 dan Moto3 World Championship.

Contoh paling nyata tentu saja pembalap Indonesia, Andi Farid Izdihar atau yang biasa dipanggil Andi Gilang.

Dari ATC, dia sempat merasakan persaingan di FIM CEV dan Asia Road Racing Championship, hingga akhirnya menembus persaingan Moto2 World Championship 2020 bersama Honda Team Asia.

Andi Gilang merupakan pembalap keempat Indonesia yang secara penuh terdaftar sebagai pembalap Moto2, setelah Doni Tata Pradita, Rafid Topan Sucipto, dan Dimas Ekky Pratama.

Tahun ini, Andi Gilang masih akan mewakili Indonesia di World Championship. Namun, pembalap yang belum lama ini melepas masa lajang tersebut akan turun di kelas Moto3, masih bersama Honda Team Asia.

Andi Gilang bertukar tempat dengan pembalap Jepang, Ai Ogura. Pembalap 20 tahun tersebut tampil bagus selama dua musim turun di persaingan Moto3, dengan finis di urutan ke-8 (2017) dan ke-5 (2018).

© Astra Honda Racing team
Andi Gilang naik podium Asia Road Race Championship 2019 di Australia Copyright: Astra Honda Racing teamAndi Gilang naik podium Asia Road Race Championship 2019 di Australia

Bakat istimewa Ogura juga sudah terlihat saat masih turun di ATC. Dia merupakan runner-up ATC 2016, hanya tertinggal lima poin di klasemen akhir dari Somkiat Chantra (Thailand) yang menjadi jaura.

Serunya, Somkiat Chantra merupakan tandem Andi Gilang pada Moto2 2020, dan tahun ini akan menjadi tandem Ai Ogura. Tahun lalu, Chantra berada di peringkat ke-21 klasemen akhir Moto2.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%