MotoGP

Usai Kunjungi Sirkuit Mandalika, Dorna Sports Tak Sabar Indonesia Gelar MotoGP

Kamis, 8 April 2021 10:20 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:
© Twitter/MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021. Copyright: © Twitter/MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021.

INDOSPORT.COMDorna Sports mengaku tak sabar melihat Indonesia menggelar ajang MotoGP usai perwakilannya mengunjungi Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, Rabu (07/04/21).

Carlos Ezpeleta selaku Managing director Dorna Sports, sebagau pemegang hak komersial MotoGP, ingin segera melihat gelaran balap motor paling bergengsi di dunia itu kembali digelar di Indonesia.

Ezpeleta yang juga didampingi Loris Capirossi selaku promoter representative Dorna Sports, serta Franco Ucini yang bertugas sebagai safety officer FIM, telah menyelesaikan inspeksi pra-homologasi sirkuit jalan raya yang dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika tersebut.

Layout trek Sirkuit Mandalika sepanjang 4,3km dan terdiri dari 17 tikungan itu mulai terlihat bentuknya, ketika proses pengaspalan, pemasangan saluran drainase, gravel bed, pagar pembatas beton dan penanaman rumput terus digarap.

Petugas inspeksi dari FIM hari ini menyusuri trek sepanjang 4,3km yang terdiri dari 17 tikungan itu dengan berjalan kaki untuk mengecek progres pengaspalan trek, pemasangan saluran drainase dan sejumlah aspek keselamatan, seperti gravel bed dan pagar pembatas beton.

"Melihat trek dari gambar dan secara langsung itu berbeda, sangat mengejutkan karena trek ini akan sangat luar biasa. Kami sangat senang dengan progresnya," kata Ezpeleta, dilansir dari laman Antara.

"Tentu setiap orang tahu masih banyak hal yang harus dikerjakan... tapi kami tidak sabar lagi menyaksikan MotoGP di sini dan kami yakin para pebalap MotoGP akan menyukainya," 

"Tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata seberapa pentingnya MotoGP kembali ke Indonesia, ini adalah pasar yang besar bagi kami dan bagi para pabrikan serta basis fan Indonesia, MotoGP itu tidak ada duanya,"

"Jadi kami senang bisa kembali dan menantikan hari itu tiba," ungkap Ezpeleta.

Masih tersisa kurang lebih tiga bulan bagi PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) untuk merampungkan pembangunan lintasan MotoGP Mandalika sebelum homologasi final pada pertengahan tahun.

"Untuk homologasi, semuanya harus selesai termasuk marshal, medis, pusat medis dan trek itu sendiri. Menurut linimasa yang kami terima dari MGPA, kami terus sesuai jadwal," kata Ezpeleta.