Formula 1

F1 Bakal Gunakan Format Baru di 3 Seri Balapan, Seperti Apa?

Selasa, 27 April 2021 09:35 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Peter J Fox/Getty Images
Berikut format anyar Formula (F1) yang bakal diterapkan di tiga seri balapan musim 2021. Copyright: © Peter J Fox/Getty Images
Berikut format anyar Formula (F1) yang bakal diterapkan di tiga seri balapan musim 2021.

INDOSPORT.COM - Federasi Otomotif Dunia (FIA) sepakat untuk mengganti format lama dengan format baru di tiga seri balapan Formula 1 (F1) musim 2021.

Format baru balapan F1 memang tidak terjadi banyak perubahan, yang mana sebelumnya menggunakan dua sesi latihan bebas pada Jumat, kemudian satu sesi latihan bebas dan kualifikasi pada Sabtu, sebelum balapan pada Minggu.

Akan tetapi, dengan adanya format baru yang disetujui FIA, maka hanya akan ada dua sesi latihan bebas yakni pada Jumat dan Sabtu, lalu babak kualifikasi akan dilangsungkan pada Jumat setelah sesi latihan bebas.

Kualifikasi tersebut nantinya akan digunakan untuk menentukan posisi start balapan kualifikasi singkat (sprint qualifying) yang akan diselenggarakan pada Sabtu.

Sesi ini akan berlangsung dengan jarak 100 kilometer selama kurang lebih 25-30 menit. Tiga pembalap yang berhasil finis di tiga besar akan diberikan poin, namun tidak ada perayaan maupun seremoni apa pun di podium.

Untuk pembalap yang berhasil menempati pertama diberikan tiga poin. Kemudian untuk yang menempati peringkat kedua diberikan dua poin, dan yang ketiga diberikan satu poin.

Hasil balapan kualifikasi singkat tersebut akan digunakan untuk menentukan posisi start pada Minggu, dan menurut penuturan FIA, format ini akan diadopsi untuk dua balapan Formula 1 di Eropa dan non-Eropa, tetapi tidak disebutkan secara spesifik di mana.