MotoGP

Hasil MotoGP Catalunya 2021: Oliveira Berikan KTM Kemenangan Perdana

Minggu, 6 Juni 2021 19:02 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Getty Images
Miguel Oliveira berhasil mempersembahkan kemenangan pertama untuk KTM setelah ia lebih cepat dari Johann Zarco dan Fabio Quartararo di MotoGP Catalunya 2021. Copyright: © Getty Images
Miguel Oliveira berhasil mempersembahkan kemenangan pertama untuk KTM setelah ia lebih cepat dari Johann Zarco dan Fabio Quartararo di MotoGP Catalunya 2021.

INDOSPORT.COMMiguel Oliveira berhasil mempersembahkan kemenangan pertama untuk KTM setelah dirinya terbukti lebih cepat dari Johann Zarco (Ducati Pramac) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) di MotoGP Catalunya 2021, Minggu (06/06/21).

MotoGP Catalunya 2021 yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Spanyol ini menjadi seri balapan ketujuh musim 2021. Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha berhasil meraih pole position usai mengikuti rangkaian balapan dari sesi latihan bebas dan kualifikasi, sejak Jumat (04/06/21) hingga Sabtu (05/06/21) kemarin.

Rider berjuluk El Diablo itu mampu mencatatkan waktu tercepat yakni 1 menit 38.853 detik pada sesi kualifikasi. Hasil ini juga menjadi pole position yang kelima secara beruntun di MotoGP 2021.

Sebelumnya rider pabrikan Yamaha itu meraih pole position di Portugal, Spanyol, Prancis dan Italia, serta sempat mencetak lap time tercepat di sirkuit Barcelona-Catalunya.

Quartararo dibuntuti oleh dua rider Ducati yakni Jack Miller (Ducati Team) di posisi kedua dan disusul oleh Johann Zarco (Ducati Pramac) di posisi ketiga.

Selanjutnya Miguel Oliveira yang sedari seri sebelumnya menunjukkan performa apik dari KTM start dari urutan kelima, bersama Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) terpaut 0.256 dari Fabio Quartararo.

Sedangkan Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) bakal memulai balapan dari posisi ke-11, atau start di depan duo Repsol Honda yakni Pol Espargaro dan Marc Marquez.

MotoGP Catalunya 2021 ini sendiri berjalan cukup sengit. Para pembalap berlomba-lomba menjadi yang tercepat untuk bisa keluar sebagai juara.

Miguel Oliveira yang memulai balapan dari posisi ke-5 secara mengejutkan merangsek naik mengkudeta Fabio Quartararo di posisi pertama.

Bencana bagi Marquez. Balapan berjalan tujuh putaran dan pembalap Honda tersebut harus terjatuh. Ini adalah catatan jatuh ketiga Marquez secara beruntun sejak comeback dari cedera yang ia alami.

Memasuki lap ke-10, Quartararo masih berada di belakang Oliveira yang kokoh di posisi pertama. Di posisi ketiga ada Joan Mir yang dibuntuti oleh Johann Zarco di posisi keempat.

Sepuluh lap setelah jatuhnya Marquez, Valentino Rossi menyusul jatuh. Legenda MotoGP bernomor motor 46 itu dipastikan tidak bisa melanjutkan balapan di Catalunya ini.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%