MotoGP

Pensiun dari MotoGP Akhir Musim Ini, Berikut Deretan Rekor Mencengangkan Valentino Rossi

Kamis, 5 Agustus 2021 22:53 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Steve Wobser/Getty Images
Berikut deretan rekor mencengangkan legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi, yang telah resmi menyatakan bakal pensiun akhir musim ini. Copyright: © Steve Wobser/Getty Images
Berikut deretan rekor mencengangkan legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi, yang telah resmi menyatakan bakal pensiun akhir musim ini.

INDOSPORT.COM – Berikut deretan rekor mencengangkan legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi, yang telah resmi menyatakan bakal pensiun akhir musim ini.

Kabar mengejutkan datang dari MotoGP jelang gelaran GP Styria akhir pekan ini. Pembalap veteran dari tim Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, resmi menyatakan bahwa MotoGP 2021 menjadi musim terakhirnya.

“Saya sudah mengatakan bahwa saya akan mengambil keputusan untuk tahun depan setelah libur musim panas. Dan saya kini telah memutuskan untuk berhenti (membalap) pada akhir tahun ini,” ungkap Rossi dalam konferensi pers khusus, Kamis (05/08/21) malam WIB.

“Sayangnya, ini akan menjadi musim terakhir saya di MotoGP. Rasanya sangat sulit, dan ini momen yang sangat menyedihkan karena sulit untuk mengatakan dan mengetahui bahwa tahun depan saya tidak akan membalap lagi, hal yang sudah saya lakukan kurang lebih 30 tahun.”

“Tahun depan, kehidupan saya akan berubah. Tapi ini kehidupan yang hebat yang saya nikmati. Ini perjalanan yang amat sangat panjang dan menyenangkan. Saya sudah 25, 26 tahun mengikuti kejuaraan dunia, dan rasanya sungguh luar biasa.”

Valentino Rossi mengawali kariernya di Kejuaraan Dunia dengan turun di kelas 125cc pada tahun 1996. Pada tahun 1998, ia naik ke kelas 250cc, sebelum pada tahun 2000 naik lagi ke kelas 500cc yang kini dikenal sebagai kelas MotoGP.

Selama di MotoGP, ia sempat berkarier bersama sejumlah tim pabrikan di antaranya Honda, Yamaha, Ducati, sebelum kini membela Petronas Yamaha SRT.

Rossi sendiri 7 kali menjadi juara dunia di kelas MotoGP. Meski demikian, ia terakhir kali merebutnya pada tahun 2009 lalu. Rossi bahkan sudah tidak memenangi balapan sejak tahun 2017 lalu.

Di musim ini, bersama Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi tertahan di peringkat 19 klasemen sementara dengan 17 poin dari 9 balapan yang sudah berlangsung.

Namun meski menunjukkan penurunan performa sejak beberapa musim terakhir, Valentino Rossi tetaplah seorang legenda hidup yang punya sejumlah rekor menakjubkan. Apa saja?