Formula 1

Update Klasemen F1 2021 Pasca Banding Diskualifikasi Sebastian Vettel Ditolak FIA

Selasa, 10 Agustus 2021 15:20 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:
© Florion Goga - Pool/Getty Images
Sebastian Vettel, pembalap Aston Martin di F1. Copyright: © Florion Goga - Pool/Getty Images
Sebastian Vettel, pembalap Aston Martin di F1.

INDOSPORT.COM – Berikut update klasemen Formula 1 (F1) 2021, usai banding Aston Martin terkait kasus didiskualifikasinya Sebastian Vettel ditolak oleh FIA.

Pembalap Aston Martin, Sebastian Vettel terpaksa kehilangan podium kedua usai didiskualifikasi karena masalah bahan bakar bensin di F1 GP Hungaria pada 1 Agustus lalu.

Pada F1 GP Hungaria 2021, Esteban Ocon (Alpine) keluar sebagai juara di sirkuit Hungaroring, lalu di susul oleh Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton (Mercedes) yang meraih podium kedua dan ketiga.

Namun beberapa jam pasca balapan, F1 resmi mengumumkan bahwa Vettel harus kehilangan podium kedua dan 18 poin yang diraihnya karena steward menemukan fakta bahwa pembalap asal Jerman itu dianggap telah melanggar aturan.

Steward hanya bisa mengambil 0,3 liter bensin dari tangki bahan bakar mobil Aston Martin AMR20 yang dikemudikan oleh Sebastian Vettel pasca balapan.

Sekadar informasi sesuai aturan teknis, para pembalap wajib memastikan mereka masih memiliki bensin di tangka mobil agar bisa diambil sebanyak 1,0 liter sebagai sampel kapan pun sepanjang acara berlangsung.

Kemudian Aston Martin pun mengajukan banding kepada FIA dengan pihaknya bersikeras bahwa masih ada 1,44 liter bensin dalam tangki mobil Vettel serta adanya kegagalan mesin sehingga pihak steward tak bisa mengeluarkan keseluruhan bahan bakar.

Namun menurut informasi terbaru dari Motorsport, banding yang diajukan Aston Martin terkait masalah yang dialami oleh Sebastian Vettel ditolak oleh FIA. Hal ini pun membuat adanya perubahan dalam posisi klasemen sementara F1 2021.