Tak Hanya Maverick Vinales, Deretan Pembalap yang Juga Jadi Korban Pemecatan

Sabtu, 21 Agustus 2021 15:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Mirco Lazzari/Getty Images
Maverick Vinales resmi dipecat Yahaha usai ulahnya di MotoGP Styria. Berikut 4 rider lain sebelum rider asal Spanyol itu, yang juga pernah didepak dari timnya. Copyright: © Mirco Lazzari/Getty Images
Maverick Vinales resmi dipecat Yahaha usai ulahnya di MotoGP Styria. Berikut 4 rider lain sebelum rider asal Spanyol itu, yang juga pernah didepak dari timnya.

INDOSPORT.COM – Maverick Vinales resmi dipecat Yahaha usai ulahnya di MotoGP Styria. Berikut 4 rider lain sebelum rider asal Spanyol itu, yang juga pernah didepak dari timnya.

Jelang MotoGP Inggris akhir pekan depan, dunia otomotif dikejutkan oleh kabar pemecatan Maverick Vinales. Rider asal Spanyol tersebut resmi didepak oleh tim Yamaha, Jumat (20/08/21).

Kabar tersebut diumumkan oleh manajemen MotoGP melalui akun media sosial mereka, dengan menyebut pihak tim dan pembalap sepakat mengakhiri kerja sama lebih cepat.

Sebagai informasi, kontrak Vinales bersama Yamaha habis akhir musim ini dan ia sudah dipastikan akan bergabung dengan Aprilia pada musim depan.

Namun, dengan pemecatan ini, ia kini menganggur dan bisa membalap untuk tim mana pun di sisa MotoGP musim ini.

Pemecatan ini diduga sebagai buntut dari insiden yang terjadi pada gelaran MotoGP Styria. Ketika itu, Vinales menggeber-geber gas hingga melebihi RPM maksimal sehingga berpotensi merusak mesin.

Vinales kemudian diskors Yamaha dan tidak diturunkan di MotoGP Austria sepekan kemudian. Sesudah itu, sang pembalap kemudian meminta maaf kepada timnya dan mengaku ulah itu ia lakukan karena frustrasi dengan performanya.

Vinales pun diyakini bakal kembali membalap untuk Yamaha di sisa musim ini, meski telah dipastikan hengkang ke Aprilia musim depan.

Namun, kejutan terjadi setelah tim berlambang garpu tala itu resmi memecat sang rider pada Jumat (20/08/21) lalu, yang langsung berlaku saat itu juga.

Yamaha sendiri telah menunjuk Cal Cruthlow untuk menggantikan Maverick Vinales di MotoGP Inggris akhir pekan depan, meski pengganti tetap untuk sisa musim ini masih belum ditentukan.

Di sisi lain, Vinales bukanlah rider pertama yang pernah mengalami pemecatan. Sebelumnya, ada sejumlah rider baik dari MotoGP atau kelas lain yang juga pernah mengalaminya.

Salah satu nama punya kasus serupa dengan Maverick Vinales, sementara nama lain bahkan mengalami 2 kali pemecatan. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya: