Formula 1

Hasil Kualifikasi F1 GP Italia: Kejutan, Bottas Terdepan Ungguli Hamilton dan Verstappen.

Sabtu, 11 September 2021 00:17 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Mark Thompson/Getty Images
Berikut hasil kualifikasi F1 GP Italia, Jumat (10/09/21) malam WIB. Valtteri Bottas (Mercedes) sukses jadi pemenang meski Lewis Hamilton kuasai Q1 dan Q2. Copyright: © Mark Thompson/Getty Images
Berikut hasil kualifikasi F1 GP Italia, Jumat (10/09/21) malam WIB. Valtteri Bottas (Mercedes) sukses jadi pemenang meski Lewis Hamilton kuasai Q1 dan Q2.

INDOSPORT.COM – Berikut hasil kualifikasi F1 GP Italia, Jumat (10/09/21) malam WIB. Valtteri Bottas (Mercedes) sukses jadi pemenang meski Lewis Hamilton kuasai Q1 dan Q2.

Akhir pekan ini, Formula 1 memasuki seri ketiga belas yakni gelaran F1 GP Italia. Seri yang digelar di Sirkuit Monza ini terbilang istimewa, karena akan menjadi seri kedua musim ini yang menggelar sprint qualifying, setelah F1 GP Inggris.

Seperti diketahui, dalam seri yang menggelar sprint qualifying, ada sedikit perbedaan dengan seri biasa. Pada seri ini, kualifikasi akan digelar pada  Jumat malam untuk menentukan posisi start pada sprint qualifying. Sementara itu sprint qualfying digelar Sabtu malam, untuk menentukan posisi start balapan.

Andalan Mercedes yakni Lewis Hamilton sukses menjadi yang tercepat di Q1 diikuti rekan setimnya, Valtteri Bottas. Sementara itu rival Hamilton yakni Max Verstappen (Red Bull) di posisi 4.

Lima pembalap gagal menembus Q2 karena menempati 5 posisi terbawah di Q1 yakni Nikita Mazepin, Robert Kubica, Mick Schumacher, Yuki Tsunoda, dan Nicholas Latifi.

Di Q2, situasi tak banyak berubah dengan Hamilton dan Bottas lagi-lagi menempati posisi pertama dan kedua, dan Verstappen berada di posisi keempat. Posisi ketiga menjadi milik Lando Norris (McLaren) sama seperti di Q1 tadi.

Situasi kurang menyenangkan dialami George Russell yang baru ditunjuk jadi rekan setim Hamilton musim depan. Pembalap Williams itu berada di 5 terbawah dan gagal lolos ke Q3, bersama duo Alpine yakni Esteban Ocon dan Fernando Alonso, serta duet Aston Martin, Sebastian Vettel dan Lance Stroll.