Formula 1

Klasemen F1 2021 Usai GP Italia: Gagal Finis, Max Verstappen Masih Berjaya di Puncak

Senin, 13 September 2021 11:40 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Clive Mason - Formula 1/Formula 1 via Getty Images
Max Verstappen dan Lewis Hamilton masih bersaing di puncak klasemen sementara Formula 1 2021, meski gagal finis di F1 GP Italia pada Minggu (12/09/21). Copyright: © Clive Mason - Formula 1/Formula 1 via Getty Images
Max Verstappen dan Lewis Hamilton masih bersaing di puncak klasemen sementara Formula 1 2021, meski gagal finis di F1 GP Italia pada Minggu (12/09/21).

INDOSPORT.COMMax Verstappen dan Lewis Hamilton masih bersaing di puncak klasemen sementara Formula 1 2021, meski gagal finis di F1 GP Italia pada Minggu (12/09/21).

Gelaran Formula 1 2021 baru saja mengakhiri gelaran seri ke-14 musim ini yakni F1 GP Italia yang berlangsung di sirkuit Monza dengan format sprint race.

Balapan tersebut berlangsung menarik karena selain menggunakan sistem sprint race, sejumlah drama pun kembali terjadi. Salah satunya ialah insiden kecelakaan yang melibatkan dua pembalap papan atas Max Verstappen (Red Bull) dan Lewis Hamilton (Mercedes).

Verstappen diketahui mengalami tabrakan dengan Hamilton saat mencoba menyalip lawannya di tikungan 2. Namun sayangnya aksinya tersebut tak berjalan mulus sehingga menyebabkan kontak dengan Hamilton.

Sontak jet darat milik Max Verstappen langsung menimpa Lewis Hamilton. Untungnya, pengaman yang disebut Halo yang berada di mobil F1 bisa mencegah cedera parah sehingga kedua pembalap pun selamat.

Kecelakaan ini membuat Verstappen dan Hamilton mengakhiri balapan F1 GP Italia lebih cepat. Sedangkan kemenangan berpihak pada dua pembalap McLaren, Daniel Ricciardo dan Lando Norris finis di P1 dan P3, disusul Valtteri Bottas (Mercedes) di P3.

Meski gagal finis, namun Max Verstappen tetap menguasai puncak klasemen sementara, yakni meraih 226,5 poin. Sedangkan Lewis Hamilton berada di posisi kedua dengan 221,5 poin.

Kemudian Lando Norris dan Sergio Perez (Red Bull) menempati posisi lima besar. Norris hanya selisih sembilan angka dari Bottas yang berada di posisi ketiga di klasemen sementara F1 2021.