In-depth

Lippo Village, Sirkuit Internasional Kedua di Indonesia yang Kini Terlupakan

Kamis, 23 September 2021 11:30 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© myracingcareer
Di tengah euforia menyambut Sirkuit Mandalika, Indonesia punya sirkuit internasional yang kini terlupakan yakni Lippo Village International Formula Circuit. Copyright: © myracingcareer
Di tengah euforia menyambut Sirkuit Mandalika, Indonesia punya sirkuit internasional yang kini terlupakan yakni Lippo Village International Formula Circuit.

INDOSPORT.COM – Di tengah euforia menyambut Sirkuit Mandalika, Indonesia punya sirkuit internasional yang kini terlupakan yakni Lippo Village International Formula Circuit.

Dunia otomotif di Indonesia kini tengah menanti selesainya pembangunan Sirkuit Mandalika. Sirkuit yang berlokasi di kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, ini direncanakan bakal menggelar balapan MotoGP dan Superbike (WSBK).

Melalui akun media sosialnya, pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyebut progres pembangunan keseluruhan sudah mencapai 96 persen pada awal bulan ini.

Di ajang WSBK, Mandalika direncanakan akan menjadi tuan rumah pada 12-14 November mendatang. Sementara itu di MotoGP, menurut bocoran yang beredar Mandalika akan menjadi tuan rumah seri kedua musim depan pada bulan Maret 2022.

Meski demikian, bocoran tersebut belum dikonfirmasi oleh pihak Dorna selaku promotor MotoGP. Namun, sirkuit yang berlokasi di Lombok ini sudah dipastikan akan menjadi lokasi tes pramusim MotoGP 2022 pada bulan Februari.

Di tengah euforia menyambut rampungnya Sirkuit Mandalika, muncul pula berita terkait rencana pembangunan sirkuit internasional lainnya di Batam.

Awal bulan ini, Bambang Soesatyo, ketua MPR RI sekaligus ketua IMI menggelar pertemuan untuk mematangkan proses pembangunan sirkuit tersebut. Nantinya, Sirkuit Batam ini direncanakan untuk menggelar sejumlah ajang otomotif termasuk MotoGP dan Formula 1 (F1).

Jika rencana ini terwujud, maka Indonesia akan memiliki dua sirkuit internasional yang bisa digunakan menggelar ajang akbar.

Indonesia sendiri sebelumnya sudah memiliki Sirkuit Sentul. Sirkuit yang berlokasi di Bogor ini pernah menggelar ajang MotoGP pada tahun 1996 dan 1997, serta balap mobil A1 Grandprix satu dekade kemudian.

Meski demikian, selain Sentul, Indonesia sejatinya memiliki satu lagi sirkuit internasional. Sirkuit ini direncanakan menggelar ajang balap mobil Formula 1 dan A1. Namun, rencana ini gagal terwujud dan sirkuit ini pun mulai terlupakan dan terbengkalai.

Sirkuit yang dimaksud adalah Lippo Village International Formula Circuit yang terletak di kawasan Tangerang, Banten.