MotoGP

Resmi! Honda Tak Turunkan Pembalap Pengganti Marc Marquez di MotoGP Valencia

Jumat, 12 November 2021 22:09 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Meski Marc Marquez dipastikan tidak turun di MotoGP Valencia karena masalah penglihatan, tim Repsol Honda memastikan tidak akan menurunkan rider pengganti.

MotoGP 2021 akan memasuki seri penutup pada pekan ini, yakni MotoGP Valencia yang akan digelar pada Minggu (14/11/21) malam.

Kabar buruk pun datang dari tim Repsol Honda. Pembalap andalan mereka, Marc Marquez, dipastikan absen di seri penutup tersebut.

Marquez sejatinya sudah absen sejak gelaran MotoGP Algarve pekan lalu karena gegar otak. Namun, hasil pemeriksaan terbaru menunjukkan ia mengidap gangguan penglihatan yakni diplopia alias penglihatan ganda, serta kelumpuhan syaraf, sehingga juga tak bisa tampil di Valencia.

Menanggapi situasi absennya Marquez di Valencia, tim Repsol Honda membuat keputusan mengejutkan. Mereka memutuskan tak menurunkan pembalap pengganti untuk mengisi tempat Marquez di seri tersebut.

“Tim Repsol Honda memutuskan tidak menurunkan pembalap pengganti di MotoGP Valencia akhir pekan ini,” ungkap pihak tim dalam pernyataan resminya, seperti dilansir The Race.

Situasi ini bertolak belakang dengan saat Marc Marquez absen di MotoGP Algarve akhir pekan lalu. Ketika itu, Honda menurunkan pembalap tes Stefan Bradl sebagai rider pengganti Marquez.

Dengan situasi ini, maka pada balapan di Valencia nanti Honda hanya akan menurunkan satu pembalap yakni Pol Espargaro.

Repsol Honda tak memberikan penjelasan terkait alasan mereka tak menurunkan Stefan Bradl di Valencia. Namun, kuat dugaan ini terkait dengan bakal digelarnya sesi tes di Jerez pekan depan.

Peran Bradl dianggap lebih penting untuk menjalani tes di Jerez demi mengembangkan motor untuk musim depan, daripada mengambil risiko diturunkan di balapan seri terakhir yang sudah tidak menentukan.