Formula 1

Jadwal F1 GP Abu Dhabi Hari Ini: Pertarungan Klimaks Verstappen vs Hamilton

Sabtu, 11 Desember 2021 08:37 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Andrej Isakovic
Berikut jadwal F1 GP Abu Dhabi 2021 yang sedianya akan mulai berlangsung di Sirkuit Yas Marina pada Minggu (12/12/2021). Copyright: © REUTERS/Andrej Isakovic
Berikut jadwal F1 GP Abu Dhabi 2021 yang sedianya akan mulai berlangsung di Sirkuit Yas Marina pada Minggu (12/12/2021).

INDOSPORT.COM - Berikut jadwal F1 GP Abu Dhabi 2021 yang sedianya akan mulai berlangsung di Sirkuit Yas Marina pada Minggu (12/12/2021).

Setelah melewati musim yang berdarah-darah, F1 musim ini bakal mencapai titik akhir. Ya, F1 GP Abu Dhabi 2021 merupakan balapan terakhir sekaligus menentukan siapa yang akan keluar sebagai pemenang.

Pertarungan Max Verstappen vs Lewis Hamilton diprediksi akan mencapai puncaknya pekan ini. Pembalap yang berada di rangking pertama dan kedua tersebut bakal mati-matian menampilkan performa terbaik demi menyabet kampiun.

Jika melihat catatan babak kualifikasi, Verstappen lebih diunggulkan untuk menang. Dalam sesi latihan bebas, Pebalap Red Bull Racing asal Belanda itu berhasil mengungguli dua pebalap Mercedes, Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton.

Verstappen sukses mencatatkan waktu 1 menit 25,009 detik. Bottas menyusul di belakangnya dengan selisih 0,196 detik. Sementara Hamilton menjadi tercepat ketiga dengan catatan waktu 1 menit 25,355 detik.

Fakta tersebut seolah meneguhkan jika Verstappen akan keluar sebagai juara di seri terakhir nanti sekaligus memenangi podium untuk ke-17 kalinya.

Kendati demikian, Verstappen tak boleh jemawa. Lewis Hamilton punya kans untuk memberi mimpi buruk bagi musuh bebuyutannya itu.

Selain faktor Hamilton menempel ketat Verstappen dengan jumlah poin yang sama, pembalap Mercedes tersebut punya modal kuat yakni peningkatan performa.

Selama beberapa seri, Hamilton seolah menjadi bayang-bayang bagi Verstappen. Namun pekan lalu, ia sukses membalikkan persepsi publik dengan menjuarai F1 GP Arab Saudi 2021.

Kemenangan di Sirkuit Corniche Jeddah seolah menjadi akumulasi dibalik penampialan Hamilton yang kian meningkat di seri-seri terakhir balapan F1.

Di samping faktor itu, Hamilton juga punya catatan apik di F1 GP Abu Dhabi. Sejak digelar 12 tahun silam, Hamilton merupakan pembalap yang paling sering naik podium alias keluar sebagai pemenang.

Hamilton sudah lima kali menang disana, sementara rival abadinya Verstappen tercatat baru menang sekali yakni pada tahun 2020 lalu. Kondisi tersebut tentu semakin membuat pemenang F1 GP Abu Dhabi 2021 bakal sulit untuk diprediksi.