MotoGP

Penuhi Syarat Homologasi MotoGP, Sirkuit Mandalika Terus Berbenah

Sabtu, 18 Desember 2021 15:04 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Isman Fadil
© ITDC/MGPA
Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat Copyright: © ITDC/MGPA
Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat

INDOSPORT.COM - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) terus berbenah untuk memenuhi syarat homologasi penyelenggaraan MotoGP 2022.

MGPA terus meningkatkan kelengkapan penyelenggaraan balapan serta sarana dan prasarana pendukung Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Kini MGPA berkoordinasi secara intensif dengan sejumlah pihak seperti, Ikatan Motor Indonesia (IMI), Dorna Sports, dan Federasi Balap Motor Internasional (FIM).

Upaya itu dilakukan untuk memenuhi syarat homologasi yang didasarkan pada ketentuan FIM. Vice CEO MGPA, Cahyadi Wanda optimis semuanya dapat terpenuhi dan lolos homologasi sebelum balapan berlangsung.

"Kami mendapat apresiasi dari pembalap dan kru tim balap WSBK atas kualitas lintasan sirkuit kami setelah lomba 2021 selesai. Namun ada beberapa hal yang harus kami tingkatkan lagi," kata Cahyadi dilansir dari Antara.

Sementara itu, Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis Arie Prasetyo menyambut baik pengumuman Dorna Sports yang telah menetapkan pelaksanaan MotoGP di Indonesia pada 18-22 Maret 2022 dan WSBK pada 11-13 November 2022.

"Ini merupakan bukti kepercayaan Dorna Sports atas kesiapan Pertama Mandalika International Street Circuit dalam menggelar ajang balap motor berkelas dunia," kata Arie. 

"Kami juga tengah meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendukung untuk meningkatkan kenyamanan tim balap maupun penonton yang hadir," sambungnya lagi.

Kini Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) tengah menyiapkan perbaikan akses keluar masuk kendaraan, pedestrian, dan saluran drainase di sekitar sirkuit.

Kemudian penataan landscape serta menyelesaikan pembangunan pit bulding (non-modular part) dan juga akan dibangun tambahan grand stand di 11 titik yang mengelilingi sirkuit untuk kenyamanan penonton.