MotoGP

Daftar Gaji Pembalap MotoGP Tertinggi, Valentino Rossi Urutan Berapa?

Kamis, 23 Desember 2021 21:31 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Steve Wobser/Getty Images
Valentino Rossi asal Italia dari tim Petronas Yamaha SRT. Copyright: © Steve Wobser/Getty Images
Valentino Rossi asal Italia dari tim Petronas Yamaha SRT.

INDOSPORT.COM - Jika berbicara soal balapan motor, pikiran pertama tentu langsung mengarah ke MotoGP. Bagaimana tidak, MotoGP adalah ajang balap motor paling bergengsi di dunia karena menjadi puncak dari olahraga balap motor tersebut.

Nama-nama besar seperti Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, hingga Marc Marquez, tentu sangat melekat di cabang olahraga satu ini.

Namun, pernahkan Anda berpikir, berapa gaji para pembalap tersebut? Apalagi, sejumlah nama sudah menyandang predikat sebagai legenda MotoGP.

Berikut adalah 10 daftar gaji pembalap MotoGP tertinggi di tahun 2021.

1. Marc Marquez

Bintang dari tim Repsol Honda ini menjadi yang teratas dalam urusan gaji. Marquez mendapat bayaran sebesar 12 juta dolar (Rp170 miliar) per tahunnya. Sedangkan, gajinya per balapannya mencapai 631 ribu dolar, atau sekitar Rp8,9 miliar.

Wajar bila pembalap asal Spanyol ini memiliki tarif sebesar itu. Pasalnya, Marc Marquez telah meraih enam gelar juara dunia MotoGP sejak 2013 lalu.

2. Valentino Rossi

Siapa yang tak kenal Rossi? Jika menyebut kata MotoGP, tentu kita langsung tertuju pada Rossi, bukan? Ya, pembalap senior asal Italia ini memang telah menjadi ikon dari MotoGP itu sendiri.

Di tahun ini, Rossi telah mengantongi gaji sebesar 10 juta dolar (Rp142 miliar) per tahunnya. Sedangkan untuk per balapannya, ia dibayar sebesar 530 ribu dolar (Rp7,5 miliar).

Sayangnya, masa kejayaan Rossi sudah habis. Pembalap berjuluk The Doctor ini pun sudah resmi pensiun di penghujung 2021 ini.

3. Maverick Vinales

Tempat ketiga dihuni oleh Maverick Vinales. Mantan rekan Rossi di Monster Energy Yamaha ini sebenarnya punya kualitas yang jempolan. Sayang, performanya tidak konsisten.

Akibatnya, Vinales diputus kontrak oleh Yamaha dan kini berseragam Aprilia Racing. Pembalap asal Spanyol ini memiliki gaji senilai delapan juta dolar, atau sekitar Rp113,5 miliar per tahunnya.

4. Joan Mir

Mir menempati peringkat empat sebagai pembalap MotoGP dengan gaji tertinggi. Pembalap tim Suzuki Ecstar ini mendapatkan bayaran setinggi enam juta dolar (Rp85,1 miliar) per tahunnya.

Pada 2020 lalu, Mir menghebohkan dunia balap motor lantaran ia berhasil menjadi juara dunia MotoGP. Kesuksesannya inilah yang membuat pembalap asal Spanyol ini memiliki gaji setinggi itu.

5. Pol Espargaro

Pol merupakan rekan setim Marquez di Repsol Honda. Sayangnya, penampilannya tidak sebaik Marquez. Padahal, pabrikan asal Jepang ini mengontrak Pol dengan harga yang cukup tinggi.

Dengan kontrak selama dua tahun di Honda, pembalap asal Spanyol ini mendapat bayaran sebesar 3,5 juta dolar (Rp49,6 miliar) per tahunnya. Dengan angka sebesar itu, Pol masih belum bisa mewujudkan ekspektasi dari timnya.