Formula 1

Kerap Buat Ulah, Max Verstappen Terancam Larangan Tampil di F1 2022

Rabu, 5 Januari 2022 03:28 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Max Verstappen terancam hukuman berat yakni larangan membalap di F1 2022 akibat aksi agresifnya di atas lintasan sepanjang Formula 1 musim lalu.

Formula 1 (F1) musim 2021 menjadi momen istimewa bagi Max Verstappen. Pembalap Red Bull asal Belanda itu sukses merebut gelar juara dunia untuk pertama kali dalam kariernya.

Gelar itu diraih secara dramatis lewat kemenangan di seri terakhir yakni F1 GP Abu Dhabi, ketika Verstappen memenangi lomba usai menyalip rival beratnya, Lewis Hamilton, di momen-momen akhir.

Meski demikian, di musim 2022 nanti, Max Verstappen justru terancam menjalani hukuman berat, termasuk larangan membalap, akibat poin penalti yang ia kumpulkan.

Dilansir Mirror, seorang pembalap F1 yang mengumpulkan 12 poin penalti sepanjang 12 bulan tahun, akan mendapatkan hukuman larangan tampil di 1 balapan.

Padahal, Verstappen kini sudah mengumpulkan 7 poin penalti akibat insiden di GP Italia, GP Rusia, GP Arab Saudi, dan GP Qatar tahun lalu.

Poin penalti itu pertama kali didapatkan Verstappen di F1 GP Italia, yang musim lalu digelar pada tanggal 12 September 2021.

Ini berarti, Verstappen harus berhati-hati agar tidak mendapatkan tambahan 5 poin penalti lagi sebelum tanggal 12 September 2022, ketika poin penaltinya berkurang karena sudah lewat 12 bulan.

Jika ia mendapatkan tambahan 5 poin penalti sebelum tanggal tersebut, maka ia akan mendapatkan hukuman larangan tampil di 1 balapan.