MotoGP

Valentino Rossi Bongkar Alasan Tolak Perkuat Tim Miliknya Sendiri di MotoGP 2022

Senin, 10 Januari 2022 07:46 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© crash
Valentino Rossi membongkar alasan memilih pensiun alih-alih membalap bersama Ducati dan tim miliknya sendiri, VR46, pada MotoGP 2022. Copyright: © crash
Valentino Rossi membongkar alasan memilih pensiun alih-alih membalap bersama Ducati dan tim miliknya sendiri, VR46, pada MotoGP 2022.

INDOSPORT.COM Valentino Rossi membongkar alasan memilih pensiun alih-alih membalap bersama Ducati dan tim miliknya sendiri, VR46, pada MotoGP 2022.

Pembalap legendaris Valentino Rossi resmi pensiun dari MotoGP pada akhir musim lalu. Rider asal Italia itu mengakhiri karier balapnya di MotoGP yang sudah berlangsung selama 21 tahun.

Rossi sendiri tidak akan sepenuhnya meninggalkan MotoGP. Pasalnya, tim miliknya akan menjalani debut pada musim ini yakni Mooney VR46 Racing Team.

Para penggemar sejatinya berharap Rossi menunda pensiun satu tahun lagi, untuk membalap dengan VR46 yang didukung mesin Ducati.

Apalagi, Ducati dinilai punya mesin terbaik pada musim lalu yang terbukti dengan keberhasilan mereka menempatkan 3 pembalap di 5 besar klasemen, meski gelar juara dunia jatuh ke tangan Fabio Quartararo (Yamaha).

Rossi menyebut ide itu memang membuatnya tertarik, namun pada akhirnya ia punya alasan khusus untuk tidak mengambil opsi itu.

“Membalap bagi tim MotoGP saya sendiri adalah ide menarik. Namun, pada akhirnya saya punya beberapa alasan untuk tidak melakukannya,” ungkap Valentino Rossi seperti dilansir Tuttomotoriweb.

Salah satu alasannya, ia merasa akan butuh usaha keras baginya untuk beradaptasi dari menunggangi Yamaha ke menunggangi Ducati.

Sehingga, dengan kenyataan bahwa ia tak lagi punya rencana jangka panjang, durasi yang singkat di VR46 justru hanya akan merugikannya.

 “Itu akan menjadi proyek yang masuk akal jika saya bisa menjalaninya selama 2 tahun atau lebih. Tapi jika hanya 1 musim, risikonya lebih besar daripada keuntungannya. Itulah sebabnya saya tidak melakukannya,” lanjut Rossi.