MotoGP

Sikap Tegas Sandiaga Uno Soal MotoGP Mandalika: Show Must Go On

Sabtu, 22 Januari 2022 00:00 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:
© ITDC/MGPA
Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengambil sikap tegas bahwa MotoGP Mandalika 2022 bakal tetap digelar. Copyright: © ITDC/MGPA
Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengambil sikap tegas bahwa MotoGP Mandalika 2022 bakal tetap digelar.

INDOSPORT.COM – Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengambil sikap tegas bahwa MotoGP Mandalika 2022 bakal tetap digelar.

Sebelumnya Dorna Sports selaku pemegang hal komersial MotoGP mengatakan bisa membatalkan balapan yang berlangsung di sirkuit Mandalika karena keberatan dengan terhadap penerapan prokes ketat untuk kru, pembalap, dan ofisial.

Indonesia sendiri memang memiliki aturan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, yakni akan menerapkan sistem travel bubble dengan mempertimbangkan adanya karantina untuk tamu dari luar negeri termasuk pembalap dan kru tim MotoGP.

Meski sempat mendapatkan ancama bakal batal, namun Sandiaga Uno telah menegaskan gelaran MotoGP Mandalika 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), harus tetap berlangsung.

Serta penerapan koridor perjalanan antarnegara selama pandemi berupa travel bubble untuk seluruh kru, pebalap, dan ofisial yang terlibat juga harus dilakukan.

“Jadi kami sudah menyampaikan bahwa the show must go on dengan menyiapkan travel bubble yang merupakan best practice yang selama ini dilakukan terhadap kru dan pebalap pada acara serupa sebelumnya," kata Sandiaga Uno, dilansir dari Antara.

Menparekraf secara tegas mengatakan tidak ada perlakuan khusus terhadap pebalap, kru, maupun ofisial yang akan berpartisipasi di gelaran balap motor paling bergengsi di dunia tersebut.

"Semua orang yang datang dari luar negeri akan menjalani pola travel bubble," tegasnya.

Langkah travel bubble ini juga sudah diujicobakan dalam persiapan perhelatan G20 di Bali dan di Jakarta pada Desember 2021 lalu, serta gelaran World Superbike (WSBK) 2021.

Bahkan, persiapan penerapan protokol kesehatan (prokes) perjalanan antarnegara tersebut, akan ditingkatkan agar tidak memicu potensi kasus penyebaran COVID-19 baru yang diakibatkan oleh varian Omicron terutama saat MotoGP di Sirkuit Mandalika.