Formula 1

Diombang-ambingkan Invasi Rusia, Haas Angkat Bicara Soal Nasib Nikita Mazepin di F1 2022

Rabu, 2 Maret 2022 11:25 WIB
Penulis: Aji Prakoso | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Getty Images
Pecahnya perang pasca invasi Rusia ke Ukraina berimbas pada karier pebalap tim Haas asal Rusia, Nikita Mazepin, di ajang Formula Satu (F1). (Getty Images) Copyright: © Getty Images
Pecahnya perang pasca invasi Rusia ke Ukraina berimbas pada karier pebalap tim Haas asal Rusia, Nikita Mazepin, di ajang Formula Satu (F1). (Getty Images)

INDOSPORT.COM - Pecahnya perang pasca invasi Rusia ke Ukraina berimbas pada karier pebalap tim Haas asal Rusia, Nikita Mazepin, di ajang Formula Satu (F1).

Badan otoritas Formula Satu (FIA) dijadwalkan akan mengadakan rapat darurat pada hari Selasa 3 Maret 2022 untuk membahas krisis di Ukraina dan memutuskan masa depan Nikita Mazepin.

Presiden Federasi Otomotif Ukraina, Leonid Kostyuchenk, telah menuntut agar FIA melarang semua pembalap Rusia dan Belarusia berkompetisi di luar negara mereka sendiri.

Sementara itu, Presiden FIA Mohammed Ben Sulayem, yang akan memimpin KTT hari Selasa, menulis kepada Kostyuchenk pekan lalu untuk menawarkan dukungan penuhnya.

Dikutip dari Reuters, seorang juru bicara FIA mengatakan, “Pertemuan luar biasa dari Dewan Olahraga Motor Dunia akan diadakan besok untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan krisis yang sedang berlangsung di Ukraina. Pembaruan lebih lanjut akan diberikan setelah pertemuan,” ucapnya.

F1 sendiri telah membatalkan Grand Prix Rusia, yang telah dijadwalkan berlangsung di Sochi pada 25 September.

Selain itu, tim Haas yang menaungi Mazepin saat ini juga telah menghapus sponsor utama mereka, Uralkali pada hari terakhir tes pramusim di Barcelona pekan lalu.

Seperti yang diketahui bahwa Uralkali adalah perusahaan pupuk asal Rusia yang sebagian sahamnya dimiliki oleh konglomerat Dmitry Mazepin, ayah dari Nikita Mazepin.