MotoGP

Kritik Penggunaan Winglet, Marc Marquez Sebut Lebih Sulit Menyalip Lawan

Jumat, 4 Maret 2022 19:53 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Pembalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez, memberikan kritik soal penggunaan winglet atau sayap kecil yang digunakan di badan motor, jelang seri MotoGP 2022 di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (06/03/22).

Pembalap Spanyol, Marc Marquez, tak ragu menyebut bahwa adanya winglet di tunggangannya membuat MotoGP jauh lebih sulit.

Hal ini diungkapkan pembalap Repsol Honda ini jelang seri perdana MotoGP 2022 yang akan digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada Minggu (06/03/22).

Balapan ini merupakan yang pertama pada musim ini dan merupakan musim yang kesepuluh bagi Marc Marquez dan masih dengan tim yang sama.

Dari 10 musim yang sudah dilalui, Marquez delapan kali mampu meraih juara dunia.

Menurut Marquez, dibandingkan saat dia mulai naik ke kelas MotoGP pada 2013 silam, motor masa kini dengan winglet membuatnya lebih sulit ketika akan mendahului karena ada getaran ketika mengikuti pembalap yang lain.

Winglet sendiri diperkenalkan oleh tim Ducati pada 2016 yang justru memberikan efek negatif lebih banyak daripada positif.

Memang, perangkat ini memberikan daya tekan ke bawah yang lebih besar, seperti yang didapat oleh Ducati.

Hal ini kemudian dipakai sebagai sebuah standar oleh pengelola MotoGP untuk semua motor.

Marc Marquez sendiri bergabung sejak musim 2013 dan menggunakan motor saat buatan Honda tengah mencapai performa puncaknya dan terus bertambah cepat setahun kemudian.